Italjet Dragster 200, Skutik Italia Berpenampilan Sangar

Berita Otomotif

Italjet Dragster 200, Skutik Italia Berpenampilan Sangar

JAKARTA – Utomocorp akhirnya memboyong Italjet Dragster 200 ke Tanah Air, melalui ajang IIMS Hybrid 2021. Setelah sempat tertahan satu tahun, motor jenis skutik berpenampilan sangar tersebut merupakan unit kuda besi yang diproduksi secara terbatas.

Motor ini dikembangkan dengan fokus pada distribusi bobot sempurna, pengendalian ciamik hingga performa mesin nan dapat diandalkan. Utomocorp selaku distributor mengatakan pihaknya memboyon dua varian Italjet Dragster 200.

Varian pertama adalah Italjet Dragster 200 Limited Edition yang dipasarkan Rp 145.000.000. Lalu adapula Dragster 200 non Limited Edition yang diniagakan Rp 137.000.000.

Skutik berpenampilan nyentrik ini sejatinya diproduksi sebanyak 499 unit untuk 19 negara. Sementara Indonesia mendapat jatah di bawah 50 unit saja.

“Kami mendapatkan jatah 49 unit saja Italjet Dragster yang sudah siap dipesan,” Ucap Denny Utomo, CEO Utomocorp di JIexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Seperti Dragster generasi pertama pada 1995, klaim Italjet adalah merancang motor ini dengan tiga keunggulan, yaitu distribusi bobot yang baik, pengendalian bagus, dan performa tinggi. Salah satu poin penting Dragster ialah bagian rangka yang diekspos.
Italjet Dragster 200

Sasisnya menggunakan model trelis yang digabungkan dengan pelat alumunium. Keunggulan Dragster ialah menggunakan Independent Steering System (I.S.S) yang terdapat pada motor balap, dengan single arm forged aluminium.

Motor ini menggunakan single-arm forged alumunium yang kokoh dan dikatakan mengutamakan keselamatan juga keselamatan. Sistem I.S.S yang digunakan sendiri dikatakan telah dipatenkan oleh tim Reseach & Development Italjet.

Sistem ini memisahkan pengendalian dengan pergerakan suspensi, sehingga diklaim dapat mengurangi getaran roda yang tersalurkan ke kemudi Dragster. I.S.S digabungkan dengan sokbreker hidraulis Bitubo, sehingga menghasilkan performa pengereman bagian depan dari Dragster tetap stabil.
Dragster 200

Italjet Dragster menggunakan ban merek Pirelli 120/70 R12 untuk roda depan. Sementara untuk ban belakang 140/60 R13. Lalu urusan bensin, tangkinya memiliki kapasitas 7 liter dan ditempatkan dekat foot rest guna mendapat bobot optimal.

Mesin motor ini menggunakan sistem 4-tak dengan kapasitas 200 cc dengan sistem injeksi Magneti Marelli berpendingin cairan. Jantung mekanis kendaraan ini diklaim mencapai 20 hp. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar