Italdesign Patenkan Seatbelt untuk Motor

Berita Otomotif

Italdesign Patenkan Seatbelt untuk Motor

JAKARTA – Italdesign merancang seatbelt untuk sepeda motor dan skuter dan telah dipatenkan desainnya. Sistem pengamanan ini dikembangkan dengan kemampuan mengenali berbagai jenis kecelakaan dalam hitungan detik.

Berbekal kemampuan menganalisa jenis kecelakaan, seatbelt untuk motor ini akan membuat pengendara lebih aman di jalan. Selain itu, dengan alat ini diharapkan bisa meminimalisir tingkat fatalitas pada saat terjadi insiden.

Adapun seatbelt buatan Italdesign ini juga bisa menentukan untuk melepas pengendara dari motornya atau tidak. Hal ini lagi-lagi berguna untuk mencegah pengendara terseret motor atau mengalami benturan keras.

Seatbelt Itadesign ini disandingkan dengan cangkang berbahan pelat nan rigid dan memiliki 6 titik harness. Perangkat ini bisa dipasangkan pada sepeda motor jenis apa saja dan diklaim mudah untuk dibongkar pasang secara mekanis.

Meskipun proses bongkar pasang dilakukan secara mekanis, namun perangkat ini dioperasikan menggunakan komputer. Saat pengemudi mengalami kecelakaan, algoritma perangkat ini akan mempertimbangkan aksi selanjutnya.

“Mungkin perangkat ini akan bekerja lebih baik jika ditambahkan dengan sistem airbag yang terkoneksi. Hal ini untuk memaksimalkan perlindungan bagi sang pengendara. Jika tidak maka produk ini sebaiknya dikembangkan lagi,” mengutip dari Visordown.
italdesign

Disebutkan bahwa seatbelt untuk motor ini tetap memberikan ruang untuk manuver bagi pengendara. Setidaknya dengan menggunakan seatbelt ini, rider tetap bisa bergerak meskipun tidak terlalu bebas.

Berdasarkan mekanisme yang telah dijelaskan di atas, nampaknya seatbelt motor ini merupakan pilihan tepat untuk pengendara skuter atau motor kecil yang terbatas kecepatannya.

Seatbelt untuk motor tidak kalah penting dengan seatbelt mobil. Hanya saja, bentuknya tidak biasa dan butuh waktu untuk bisa terbiasa. Namun di balik itu semua, ada pendapat bahwa dengan menambahkan seperangkat seatbelt pada motor bisa menimbulkan bahaya yang lebih fatal daripada tidak menggunakannya.

Hal ini karena pengendara lebih terbatas ruang geraknya sehingga mungkin akan menyulitkan saat melakukan manuver di jalan. Apalagi saat pengendara memasuki jalanan yang padat dengan kendaraan.

Jika melihat gambar yang tertera di atas, pengendara motor tidak akan terlempar dari kendaraannya saat terjadi tabrakan dengan mobil. Namun pertanyaannya kemudian, jika tanpa airbag, apakah alat ini bisa benar-benar melindungi pengguna motor? [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar