Mesin Diesel Isuzu Mu-X Diklaim Tahan Banting dan Tak Rewel

Berita Otomotif

Mesin Diesel Isuzu Mu-X Diklaim Tahan Banting dan Tak Rewel

SUKABUMI – Isuzu Mu-X diklaim punya mesin diesel tahan banting, siap menenggak biodiesel 30 persen (B30), dan perawatannya pun lebih mudah.

Sekadar menginformasikan, pemerintah akan mulai menyuplai B30 pada 2020 untuk mobil-mobil bermesin diesel, sebagai lanjutan dari penerapan B20 sejak paruh kedua 2018 hingga saat ini. Bahan bakar minyak (BBM) ini merupakan kombinasi antara solar dengan minyak nabati (kelapa sawit) dengan porsi 70 persen berbanding 30 persen.

B20 maupun B30 sendiri, karena bercampur dengan minyak dari kelapa sawit, diketahui punya efek pembersih sehingga kotoran-kotoran yang menempel bisa terlepas dan menyumbat. Hal ini juga diakui oleh Attias Asril, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

“Bahan bakar biodiesel memiliki efek ‘soapy’ sehingga kemungkinan kerak terlepa dan dapat menyebabkan penyumbatan di injector pump,” tukas dia di sela-sela test drive Mu-X i-Series pada 13 – 14 November di Sukabumi, Jawa Barat.

Akan tetapi, menurut Attias, B30 tidak akan menyebabkan masalah pada Mu-X. Pasalnya, mesin diesel commonrail turbo miliknya sudah menggunakan filter ganda.

“Nozzle dilapisi dengan Diamond Like Carbon (DLC) untuk mencegah penyumbatan,” tandas dia.

Pemerintah sendiri pada tahun ini sudah melakukan tes uji jalan menggunakan B30. Isuzu merupakan salah satu pabrikan yang berpartisipasi.

“Menurut info yang kami dapat, tidak terdapat kendala ketika menggunakan B30,” aku Attias.

Mu-X dipersenjatai mesin Commonrail Turbo Diesel 2.5-liter. Gelontoran daya maksimalnya 136ps dengan torsi 32,6 Kgm.

Perawatannya pun lebih simpel. Pasalnya, mesin tidak menggunakan timing belt dari bahan karet lagi karena sudah diganti dengan timing gear plus chain yang lebih kuat serta tahan lama.

i-Series merupakan varian tambahan sekaligus termurah Mu-X yang baru saja mengaspal pada akhir Juli. Banderol on-the-road Jakartanya yang hanya Rp 449 juta menjadikannya High SUV termurah di pasar otomotif Indonesia saat ini.

Varian ini menyasar para pemilik medium multi purpose vehicle (MPV) seperti Toyota Kijang Innova yang ingin naik kelas. Pada tahun depan, dua varian lain yakni Premiere serta Royale juga disegarkan dengan nomenklatur baru yakni s-Series dan Z-Series. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support