Isoman Sepulang dari Dubai, Jokowi Diharap Tetap Bisa Buka GIIAS 2021

Berita Otomotif

Isoman Sepulang dari Dubai, Jokowi Diharap Tetap Bisa Buka GIIAS 2021

JAKARTA – Isolasi mandiri (isoman) yang dilakukan Presiden Joko Widodo sepulang dari Dubai diharap tidak mengganggu agendanya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Jokowi, sapaan akrab sang presiden, baru saja tiba kembali di Indonesia pada Jumat (8/11/2021) kemarin dari kunjungan kerja di Dubai. Ia dijadwalkan menjalani isoman selama 3x24 jam di Istana Bogor.

Ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Isoman tersebut selesai pada awal pekan ini.

Adapun pada Kamis (11/11/2021) mendatang, mantan Wali Kota Surakarta serta Gubernur DKI Jakarta ini dijadwalkan membuka GIIAS 2021 yang berlangsung pada 11-21 November di Serpong, Tangerang. Penyelenggara pameran otomotif terbesar se-Asia Tenggara itu berharap isoman yang Jokowi lakukan tidak berdampak pada agenda tersebut.

Jokowi hadir di GIIAS 2018

Project Director Seven Event Agus Riyadi mengatakan kalau undangan telah mereka serahkan kepada Biro Protokol Kepresidenan, Sekretariat Negara dan sudah diterima. Kewajiban isoman Jokowi pun rampung beberapa hari sebelum GIIAS 2021.

“Karena (isoman) tiga hari, harusnya secara waktu sudah cukup untuk beliau agar bisa datang (ke GIIAS 2021). Ini, kan, sudah dijadwalkan dan direspons juga. Tapi, tetap saja keputusan ada di protokol. Kami tunggu saja, mudah-mudahan beliau bisa tetap hadir di GIIAS 2021,” ujar dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif Indonesia pada akhir pekan lalu.

GIIAS 2021 rencananya berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat karena diadakan di tengah pandemi Covid-19. Pameran ini sendiri sempat absen selama dua tahun gara-gara pandemi yang berasal dari China tersebut.

GIIAS berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang

GIIAS 2021 diikuti oleh 21 merek mobil. Sebanyak 17 di antaranya adalah merek kendaraan penumpang dan empat lainnya merek kendaraan komersial.

Ada pula enam merek sepeda motor. Mereka adalah Honda, Benelli, SYM, SM Sport, CF Moto, dan W Moto.

GIIAS 2021 akan diramaikan oleh debut publik maupun peluncuran model-model baru. Misalnya saja All New Daihatsu Xenia, All New Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan world premiere mobil Honda. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar