Inilah Peta Generasi Terbaru dari Toyota

Berita Otomotif

Inilah Peta Generasi Terbaru dari Toyota

TOKYO – Mobil otomatis semakin mendekati kenyataan. Toyota pun tengah mengembangkan sebuah sistem map (peta) yang menggunakan data dari kamera dan GPS di kendaraan. Sistem tersebut akan dipamerkan di CES (Consumer Electronics Show) 2016 di Las Vegas.

Sistem baru Toyota ini akan mengumpulkan gambar jalan dan kondisi jalan terbaru. Informasi tersebut akan dikirin ke pusat data, dimana gambar-gambar tersebut akan disatukan, dikoreksi dan diperbarui untuk menghasilkan peta presisi dan mencakup wilayah luas.

Pemahaman kondisi jalan dan peraturan lalulintas (termasuk batas kecepatan dan rambu lalulintas) menjadi sangat penting untuk keberhasilan dari teknologi mobil otomatis. Selain itu, informasi terkait trotoar, marka jalan, dan karakter jalan juga menjadi bagian sangat penting.

Sampai sekarang, data peta untuk mengemudi otomatis dihasilkan oleh kendaraan khusus yang dilengkapi dengan laser scanners tiga dimensi, Kendaraan tersebut telah mengelilingi beberapa daerah perkotaan dan jalan tol. Data tersebut dikumpulkan dan disunting secara manual untuk memperkaya data yang dimiliki oleh pusat data. Namun, cara ini terbilang kurang efektif karena peta menjadi jarang diperbarui dan relatif mahal.

Sistem terbaru Toyota menggunakan sistem berbasis pada cloud yang dikembangkan oleh Toyota Central R&D Labs. Sistem ini meningkatkan presisi lebih baik pada data gambar jalan dari bank data dan menggunakan GPS yang didesain untuk mobil produksi.

Tingkat kesalahan dengan penggunaan sistem ini adalah 5 cm pada jalan lurus. Dengan memanfaatkan mobil produksi biasa dan infrastruktur yang sudah ada, maka data yang diambil dapat diupdate secara real time. Selain itu, biaya yang diperlukan pun terbilang lebih murah. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support