Inilah 2 Senjata Ampuh Toyota Sienta

Berita Otomotif

Inilah 2 Senjata Ampuh Toyota Sienta

JAKARTA – Toyota Sienta punya dua senjata ampuh untuk masyarakat Indonesia, yakni mesin dan transmisi berteknologi terdepan.

Sistem Dual VVT-i di dalam mesin berkode 2NR-FE Toyota Sienta memiliki kinerja yang menyempurnakan sistem VVT-i pada generasi sebelumnya. 

Toyota mengembangkan mekanisme bukaan katup intake dan exhaust. Pada mesin dengan Dual VVTi, bukaan katup tersebut diatur sedemikian rupa oleh ECU agar mesin berkerja optimal. Yang menarik, lama waktu bukaan katup disesuaikan dengan kondisi mesin berdasarkan putaran, beban hingga temperatur mesin.

Dual VVT-i juga memiliki penyempurnaan pada intake manifold dan saluran gas buang. Hal ini membuat emisi dapat ditekan semaksimal mungkin seiring dengan performa yang juga meningkat.


Saat mesin hidup, maka pengaturan waktu bukaan klep intake dan exhaust bekerja secara penuh, langsung menyesuaikan dengan tempratur paling ideal. Ketika suhu kerja mesin sudah optimal, waktu buka-tutup klep selanjutnya disesuaikan dengan putaran mesin.

Bisa dibayangkan, kerja mesin akan berbeda pada setiap kondisi pengendaraan. Mesin selalu membuat penyesuaian kinerja yang berujung pada penyaluran tenaga maksimal, rendah emisi gas buang serta efisien. 

Aliran tenaga yang dihasilkan mesin kemudian disalurkan ke transmisi otomatis 7-percepatan berteknologi Continous Variable Transmission CVT. Penggunaan teknologi ini (CVT) membuat Toyota Sienta menjadi perintis sebagai produk Toyota pertama di Indonesia yang mengaplikasikannya. 

Secara umum, CVT merupakan sistem transmisi yang menggunakan pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama pengggerak transmisi. Keunggulannya adalah memiliki perpindahan gear halus atau tidak menghentak saat digunakan. CVT tidak membutuhkan RPM tinggi untuk mendapatkan tenaga besar saat pemakaian normal. 

Dengan perpaduan antara Dual VVT-i dan CVT tentunya kehandalan Toyota Sienta tak perlu diragukan lagi. Komposisi ini cocok ketika menjumpai beragam jalan-jalan di Indonesia. [M123]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual