Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Inikah ‘Kode’ Mobil Listrik Suzuki di Indonesia Meluncur Tak Lama Lagi?

Berita Otomotif

Inikah ‘Kode’ Mobil Listrik Suzuki di Indonesia Meluncur Tak Lama Lagi?

JAKARTA - Suzuki baru-baru ini menegaskan lagi komitmen masuk ke era mobil listrik di Indonesia. Apakah ini pertanda peluncuran mobil mild hybrid Suzuki sudah dekat?

Suzuki memperlihatkan keinginan mereka meramaikan pasar mobil ‘hijau’ di masa depan dalam Jakarta Auto Week (JAW) 2022.

Caranya adalah dengan mengangkat tema ‘Eco Green Friendly’ di booth pameran yang berlangsung pada 12-20 Maret di Senayan tersebut.

4W Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, seperti dijelaskan dalam keterangan resmi, menganggap JAW menjadi salah satu momentum untuk mengakselerasi pasar otomotif di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda pada 2022.

Ini juga dinilai sebagai kesempatan mengomunikasikan lagi komitmen Suzuki mengenai teknologi kendaraan mereka di masa mendatang.

“Di JAW ini kami mengangkat tema ‘Eco Green Friendly’ sebagai salah satu bentuk komitmen Suzuki dalam pengembangan kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan ke depannya,” kata Donny.

Pada November 2021 kemarin di dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Suzuki sudah menegaskan mobil listrik pertama mereka di Tanah Air akan berteknologi mild hybrid.

Ini dilakukan demi menyeimbangkan antara teknologi kendaraan minim emisi gas buang dengan harga jual yang masih relatif terjangkau.

“Daya beli masyarakat kita saat ini masih mobil-mobil dengan harga di bawah Rp300 juta,” ungkap Assistant to Design, Development, Engineering, and Homologation SIS Mahardian Ismadi Brata di sela-sela ajang tersebut.

Sebenarnya, sejak awal 2021, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membeberkan rencana Suzuki memproduksi serta menjual Ertiga mild hybrid pada 2022, disusul XL7 mild hybrid setahun setelahnya.

Ini Suzuki lakukan sebagai respons dari berbagai insentif fiskal dan non-fiskal yang disiapkan pemerintah bagi konsumen mobil listrik maupun produsennya, demi mendorong pasar maupun industri mobil listrik.

Seperti diketahui, mobil listrik bisa dikategorikan dalam berbagai jenis teknologi. Ada mild hybrid, hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), sampai mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV).

Sayang, hingga detik ini, para eksekutif Suzuki di Indonesia menolak mengomentari pernyataan Agus.

Lebih lanjut, Suzuki tampil di JAW dengan memperlihatkan delapan line up mobil, dua line up motor, plus aksesori resmi.

Mereka menyebut adanya promo-promo menarik selama pameran, juga unit test drive Ertiga maupun XL7 bagi pengunjung yang penasaran.

“Kami berharap lewat Gaikindo Jakarta Auto Week tahun ini dan dukungan berbagai pihak yang ikut terlibat, pasar otomotif dapat kembali terstimulus dan memberikan dampak yang positif. Kami juga sangat mengapresiasi upaya dan langkah yang dilakukan pemerintah selama ini dalam membantu memulihkan industri otomotif nasional,” tutup Donny. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang