Ini Yang Harus Diperiksa Pada Mobil Anda Sebelum Mudik

Panduan Pembeli

Ini Yang Harus Diperiksa Pada Mobil Anda Sebelum Mudik

JAKARTA - Sebentar lagi libur Lebaran akan segera dimulai dan arus mudik dimulai. Bagi anda yang menggunakan transportasi umum, mungkin anda tidak akan terlalu memusingkan tentang perjalanan anda nantinya.

Namun bagi anda yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi, tidak ada salahnya untuk memperhatikan lebih seksama kendaraan yang akan digunakan nanti.

Kami pun menemui Wanarso, Kepala Bengkel Suzuki Kalimalang guna meminta tips mempersiapkan kendaraan untuk perjalanan jauh nantinya “Pada dasarnya, jika kendaraan tersebut rajin dirawat, maka saya rasa tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Namun karena mudik itu adalah untuk perjalanan jauh dan macetnya luar biasa, jadi biasanya memang diperhatikan lebih seksama,” ungkapnya.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima kita mudik. Apa saja? Yuk simak ulasannya.

Tune up

 

Tune up atau servis berkala menjadi priorotas utama “Karena disini semuanya kita cek mulai dari oli, rem dan sebagainya. Sehingga kendaraan, khususnya mesin berada pada kondisi puncak pada saat kita bawa mudik. Dengan demikian, selain perfomanya bagus, kita juga akan merasa lebih tenang,” ungkapnya.

Cek Kopling

“Disini kita harus cek apakah ketika memindahkan persneling terasa keras atau tidak, tenaganya berkurang atau tidak,” ungkapnya. Pengecekan ini harus dilakukan mengingat ketika mudik, kopling akan dipaksa bekerja lebih keras dibandingkan dengan ketika hanya melakukan perjalanan didalam kota.

Cek Rem

“Untuk rem idealnya kita harus bongkar keempat-empatnya. Dengan demikian kita baru tahu kondisi sebenarnya dari rem tersebut. Disini kita cek apakah ampas remnya masih bagus, apakah terjadi kebocoran cairan rem atau tidak,” ungkapnya.

Cek Suspensi

“Cek karet-karet shock breaker, trot, steering terot, semua under body kita cek. Kita lihat kondisinya, kalau hanya perlu penyetelan ya cukup di setel ulang. Namun kalau sudah harus ada yang diganti, kami sarankan untuk langsung diganti baru dilakukan pernyetelan,” ungkapnya.

Power Steering

Untuk mobil berusia diatas 2 tahun, disarankan untuk menguras minyak power steering “Ini untuk baiknya kendaraan. Sebab dengan dikuras dan diperiksa apakah ada kebocoran atau tidak, akan memberikan rasa aman yang lebih ketika perjalanan,” tutupnya.

Nah, apakah anda sudah siap untuk mudik?



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual