Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Filter Kabin

Panduan Pembeli

Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Filter Kabin

JAKARTA – Filter kabin sama halnya dengan komponen mobil lain yang harus diganti jika sudah digunakan dalam waktu cukup lama.

Kebanyakan orang menentukan kondisi kendaraan layak jalan hanya berdasarkan mesin dan beberapa komponen mekanis saja.

Pemikiran tersebut sebenarnya salah, karena masih banyak komponen lain dari kendaraan yang harus diperhatikan. Salah satu komponen yang paling sering luput dari perhatian adalah filter kabin mobil.

Umumnya orang tidak memperhatikan filter kabin, karena memang tidak memengaruhi perfoma kendaraan. Padahal, filter udara yang kotor bisa mengurangi kenyamanan berkendara, menyebabkan bau kurang sedap di kabin dan berpengaruh pada kesehatan.

Kondisi tersebut bisa diperparah bila ada pengguna kendaraan yang memiliki alergi. Pasalnya ada beragam hal yang dapat menyebabkan alergi seperti debu, bulu binatang peliharaan hingga serbuk sari tidak akan dapat tersaring secara optimal.

Filter kabin

Menurut Arditya Wicaktama, Channel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, filter kabin seharusnya selalu diganti agar tetap optimal kualitasnya.

“Filter kabin yang kotor sudah tidak lagi mampu menyaring udara dengan optimal. Apabila dibiarkan, kualitas udara yang tersirkulasi dalam kendaraan justru bisa menimbulkan bau tidak sedap dan memicu gangguan kesehatan. Untuk itu filter kabin harus diganti secara berkala setidaknya setelah mobil melampaui jarak tempuh 10.000 km,” terangnya.

Meski demikian, Ia mengakui bahwa banyak dari masyarakat yang memang lupa untuk melakukan penggantian. Bahkan, penggantian sendiri umumnya hanya dilakukan bila saat teknisi melihat kualitas filter kabin sudah terlalu buruk.

“Banyak ditemukan kasus penggantian filter kabin dilakukan setelah terlalu kotor atau rusak. Padahal kegiatan tersebut bisa dilakukan saat melakukan perawatan berkala setiap 10.000 Km atau enam bulan sekali,” tambahnya.

Biaya penggantian filter kabin pun sebenarnya tidak terlalu mahal, masih di bawah Rp500 ribu. Terlebih beberapa filter kabin kini sudah dibuat sedemikian rupa agar bisa dipasang sendiri, sehingga tidak memerlukan tenaga ahli.

“Filter kabin harganya tidak terlalu mahal tapi bisa berperan penting untuk kesehatan. Terlebih filter kabin bisa digunakan untuk 10.000 Km. Jadi saya rasa ini adalah investasi yang bagus untuk kendaraan agar tetap nyaman digunakan,” pungkasnya. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar