Ini Tips Pilih Mobil Bekas yang Aman

Panduan Pembeli

Ini Tips Pilih Mobil Bekas yang Aman

JAKARTA – Banyaknya mobil bekas hasil curian atau bekas tindakan kejahatan membuat kita harus semakin berhati-hati dalam memilih mobil bekas.

Hal ini pun menjadikan Geraldi Auto, salah satu dealer mobil bekas di Jakarta untuk memberikan sedikit tips kepada para pelanggannya, agar tidak tertipu dengan penipu oleh pedagang mobil bekas yang melakukan kecurangan.

Lantas, apa saja langkah yang harus dilakukan? Berikut adalah tipsnya.

1. Jangan melakukan transaksi di malam hari atau di hari libur.
Melakukan transaksi pada malam hari atau hari libur menyebabkan Anda tidak bisa memeriksa keaslian surat-surat kendaraan di Samsat. Dengan melakukan transaksi di waktu Samsat beroperasi, bisa membuat Anda lebih nyaman dan percaya akan kelengkapan mobil yang anda beli.

“Logika yang paling mudah adalah, kalau pedagang takut untuk ke Samsat, artinya surat-surat bermasalah. Dan ini sangat sering terjadi. Bahkan pedagang mobil pun masih bisa tertipu,” ungkap Okhe, pemilik dealer mobil bekas Geraldi Auto.

2. Waspada dengan harga lebih murah
Pedagang curang akan berusaha sekuat tenaga agar mobil ilegalnya terjual dengan cepat. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menjual mobil dengan harga lebih murah sehingga pelanggan tertarik untuk membeli mobil.

“Ada modus lain yaitu dengan mengkloning (menggandakan) foto-foto dan iklan yang kami pasang di website. Mereka kemudian memasang harga murah dengan nomor telepon yang berbeda. Nah, pembeli akan menelepon nomor telepon yang tertera dan diminta untuk membayarkan DP. Namun setelah transfer, orang tersebut tidak bisa dihubungi lagi,” ungkapnya.

3. Jangan lakukan transaksi di tempat umum
Pedagang curang akan berusaha agar lokasi tempat tinggalnya tidak diketahui. Untuk itu mereka lebih suka untuk bertransaksi di tempat umum. Untuk menghindarinya, sebaiknya membeli mobil di rumah sang pemilik mobil langsung.

“Selain itu, bisa saja orang yang ingin kita temui memiliki kemampuan hipnotis. Sehingga justru uang dikuras karena hipnotis tersebut, bukan karena ingin beli mobil,” ujarnya

4. Cari pedagang dengan reputasi baik
Agar tidak pusing langsung saja ke dealer mobil bekas yang memiliki reputasi. Di sini kami ambil contoh Geraldi Auto yang menjamin 3 hal yaitu surat  dijamin keasliannya, mobil bukan bekas banjir dan mobil bukan bekas tabrakan berat. [Adi]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support