Ini Teknik Menyebrang yang Baik Dari Polisi

Panduan Pembeli

Ini Teknik Menyebrang yang Baik Dari Polisi

CIBUBUR – Meski merupakan sebuah hal yang biasa, namun menyebrang jalan rupanya memiliki teknik tersendiri.

 

Aiptu Sanusi, Anggota Diksaya Satlantas Wilayah Jakata Timur mengatakan bahwa menyebrang jalan tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini untuk menghindarkan diri dari kecelakaan saat melakukan penyebrangan. Selain menyarankan untuk menggunakan fasilitas penyebrangan seperti jembatan penyebrangan dan Zebra Cross, Ia pun mengingatkan penyerbang jalan untuk tetap hati-hati.

“Jadi kalau tidak ada jembatan penyebrangan, sebaiknya memanfaatkan Zebra Cross. Nah untuk menyebrang, pastikan untuk melihat ke kanan dan ke kiri terlebih dahulu. Kemudian angkat tangan ke atas agar memudahkan pengendara kendaraan melihat kita. Setelah dirasa aman, baru berjalan menyebrang. Setelah sampai di pembatas jalan, berhenti  terlebih dahulu lalu lihat kanan kiri lagi. Angkat tangan kemudian mulai menyebrang lagi bila sudah merasa aman,” ungkapnya.

Ia pun mengingatkan kepada orang yang ingin menyebrang untuk dapat memperkirakan kecepatan dan jarak kendaraan. Karena tidak jarang orang yang paham cara menyebrang dengan benar namun tidak dapat memperkirakan kecepatan dan jarak kendaraan.

“Akibatnya, pengendara kendaraan melakukan pengereman mendadak ataupun melakukan manuver untuk menghindari penyebrang jalan. Ini juga berbahaya. Fungsi kita mengangkat tangan adalah untuk membuat penyebrang mudah terlihat dan memberikan waktu kepada pengendara jalan agar dapat mengurangi kecepatan,” ungkapnya. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual