Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Panduan Pembeli

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah. 

Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan. Masing-masing perusahaan pembiayaan memberikan persyaratan yang berbeda-beda untuk kredit mobil murah. Namun secara umum, sebagian besar dari persyaratan tersebut sebenarnya sama hanya dilakukan sedikit penyesuaian.

Dan berikut adalah beberapa persyaratan umum bagi mereka yang hendak mengambil kredit mobil murah:

  • Pelanggan telah berusia 21 tahun hingga 60 tahun saat kredit telah lunas
  • Merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI
  • Berdomisili di wilayah NKRI
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tetap bulanan. Pada umumnya beberapa dealer atau perusahaan leasing juga menentukan besaran minimal penghasilan bulanan jika ingin mengajukan kredit. Misalnya saja di beberapa perusahaan leasing mengharuskan minimal penghasilan adalah Rp 5 juta per bulan.

Dan berikut adalah dokumen yang harus diserahkan ketika mengambil kredit mobil murah:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu identitas seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), paspor atau SIM (Surat Izin Mengemudi)
  • Buku nikah suami – istri (bagi yang telah menikah)
  • Slip penghasilan
  • Apabila memiliki kartu kredit, maka lampirkan pula tagihan kartu kredit selama tiga bulan ke belakang
  • Bagi pengusaha, maka diwajibkan melampirkan SIUP dan Akta Pendirian Usaha
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Bukti rekening listrik dan air serta pajak bumi bangunan (PBB)
  • Bagi kalangan professional, lampirkan keterangan izin praktik

paket kredit mobil murah

Paket kredit mobil murah pada masing-masing perusahaan pembiayaan berbeda-beda. Pastikan untuk memeriksa secara seksama keunggulan masing-masing paket agar tidak merasa dirugikan ketika kredit sudah berjalan.

Salah satu perusahaan pembiayaan yang memberikan paket kredit mobil murah adalah Astra Credit Companies atau biasa disebut ACC. Salah satu paket yang mereka tawarkan adalah paket Setia dengan tenor 1-5 tahun.

Dalam penawarannya, pelanggan bisa mendapatkan Toyota Agya G TRD MT seharga Rp 146,850 juta dengan beragam kemudahan. Pelanggan bisa memilih tenor 12 bulan hingga 60 bulan, sesuai dengan keinginan. Bila sudah mendapatkan tenor yang diinginkan maka DP akan disesuaikan besarannya.

DP yang harus dibayarkan untuk tenor 12 bulan adalah sebesar Rp 24.677.500. Sementara untuk angsuran yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 11,780 juta per bulan. Cukup besar namun kredit juga cepat selesai.

Sedangkan untuk yang ingin kredit mobil murah dengan cicilan ringan, bila menambah tenornya hingga 60 bulan. Dengan ini maka cicilan kendaraan hanya sebesar Rp 3,760 juta per bulan sehingga akan terasa lebih ringan.

Tentunya ini semua harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dari pembeli. Karena jangan sampai merasa berat setelah menjalani kredit mobil murah di tengah jalan. [Adi/Idr]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar