Review Spesifikasi Toyota Raize, Harga Terjangkau dan Makin Menggiurkan

Panduan Pembeli

Review Spesifikasi Toyota Raize, Harga Terjangkau dan Makin Menggiurkan

Spesifikasi Toyota Raize akan dibahas detail di sini. Mobil yang resmi meluncur di Indonesia pada 30 April 2021 lalu dan diklaim berhasil mendapatkan respon positif dari masyarakat ini, seakan mampu menjawab kebutuhan masyarkat yang semakin menggemari SUV.

Bahkan hanya dalam waktu satu bulan, 1.269 unit Toyota Raize telah terjual. Dan pada data penjualan kendaraan di bulan Mei 2021, nama dari Toyota Raize sudah duduk di posisi ke tujuh dengan total penjualan wholesales mencapai 1.431 unit.

Inden Toyota Raize 1.0 Turbo 1.2L

Banyaknya angka penjualan tersebut pun menjadikan pelanggan harus inden kendaraan cukup lama. Pasalnya, bagi mereka yang memesan mobil pada bulan Mei 2021 harus menunggu setidaknya 2-3 bulan untuk mendapatkan Toyota Raize, tergantung varian dan harga yang dipilih.

Kondisi tersebut pun membuat Toyota melakukan peningkatan produksi kendaraan Raize sehingga diharapkan pelanggan tidak akan menunggu terlalu lama. Tentunya, ini adalah janji yang akan sangat dinantikan oleh pelanggan Toyota.

Tampilan Toyota Raize

Sebelum membahas spesifikasi Toyota Raize, desain SUV kompak ini dinilai menarik dengan menghadirkan banyak tekukan di seluruh bagian bodi.

Guna memperkuat karakternya sebagai kendaraan modern, Toyota Raize telah menggunakan lampu LED sebagai penerangan utama dan penambahan DLR.

Di bagian belakang, Toyota juga menggunakan perpaduan LED dan bulb pada lampu sein.

Tak hanya itu, Toyota Raize juga sudah menggunakan velg 17 inchi berdesain palang yang membuatnya terlihat seperti kipas berkelir hitam.

Tentunya kehadiran velg ini membuat tampilan Toyota Raize semakin tangguh. Khusus untuk varian tertinggi yaitu GR Sport, Toyota Raize mendapatkan beberapa penambahan aksesoris yang membuatnya menjadi lebih menarik.

Untuk dimensinya, Toyota Raize memiliki panjang 4.030 mm x lebar 1.710 mm x tinggi 1.635 mm x jarak sumbu 1.475 mm. Sementara ground clearance dari Toyota Raize mencapai 200 mm yang terbilang cukup tinggi.

Interior Toyota Raize

Test Drive Raize di Jok Penumpang 

Pada bagian interior, Toyota Raize hadir dengan desain yang sebenarnya terbilang sederhana karena hanya mengandalkan satu warna, yaitu hitam. Namun khusus tipe GR Sport TSS Two Tone, masih ada beberapa aksen silver untuk memberi kesan lebih mewah.

Meski demikian, ada beragam fitur menarik yang hadir pada mobil ini. Mulai dari tombol pengaturan audio, cruise control, dan sebagainya di lingkar kemudi.

Selain itu, Raize juga sudah dilengkapi dengan panel meter digital dengan informasi yang cukup lengkap. Toyota Raize juga sudah dilengkapi dengan paddle shift yang tentunya akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Tak hanya itu, Toyota Raize juga sudah dilengkapi dengan layar head unit berukuran 9 inci yang menggunakan desain floting. Layar ini dilengkapi dengan fitur Radio, USB, Bluetooth dan dapat terhubung dengan smartphone.

Spesifikasi Mesin Toyota Raize

Menariknya, Toyota menghadirkan dua pilihan mesin pada model Raize yang bisa dipilih oleh pelanggan.

Mesin Toyota Raize pertama memiliki spesifikasi 1.000 cc Turbo, tiga silinder dengan kode 1KR-VET yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 ps pada 6.000 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm.

Untuk pilihan kedua yang disiapkan Toyota adalah mesin dengan spesifikasi kapasitas 1.200 cc, tiga silinder dengan kode WA-VE. Mesin ini memiliki diameter x langkah (bore x stroke) 73,5 mm x 94,1 mm dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 PS pada 6.000 rpm sementara torsi mencapai 112,7 Nm pada 4.500 rpm.

Dengan adanya pilihan mesin ini tentunya akan memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk memilih sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Hal ini tentunya merupakan sebuah langkah bijak dari Toyota karena akan membuat pasar Toyota Raize menjadi lebih luas mengingat masih banyak masyarakat yang kurang menyukai teknologi turbo.

Fitur Keselamatan Toyota Raize

Boleh dikatakan bahwa fitur keselamatan dari Toyota Raize terbilang cukup canggih khususnya untuk varian teratas. Hal ini karena Toyota Raize merupakan mobil Toyota pertama yang dijual di Indonesia dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) dengan harga Rp300 jutaan. Meski sudah dilakukan penyesuaian, tetap saja teknologi tersebut sangat menarik.

Toyota Raize yang sudah menggunakan TSS telah memiliki beberapa fitur keselamatan tercanggih seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, 6 airbag D/P/S/C, Rear Cross Traffic Alert with Blind Spot Monitoring, Front Departure Alert, Adaptive Cruise Control, Pre-Collision System, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Assist with Steering Control. Khusus untuk Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control merupakan fitur standar di semua varian.

Lane Departure Assist with Steering Control merupakan fitur yang cukup diunggulkan oleh Toyota pada Raize. Fitur ini mampu membuat mobil tidak keluar jalur secara tak sengaja dengan membaca pembatas jalan.

Selain bisa melakukan intervensi pada lingkar kemudi hingga mengembalikan kendaraan ke jalur semula, fitur ini juga akan memberi peringatan suara. Dengan demikian pengendara akan menjadi lebih waspada saat berkendara.

Fitur lain yang menjadi perhatian adalah kehadiran dari Pedal Missoperation Control. Fitur ini berfungsi untuk mencegah kendaraan mengalami kecelakaan dengan melakukan pengereman otomatis dan diperkuat dengan penambahan indikator dan bunyi-bunyian.

Pre Collision System juga telah dihadirkan oleh Toyota pada mobil ini. Fitur ini mampu memastikan agar mobil tetap berada di jarak aman dengan kendaraan lain di depannya dengan menggunakan kamera dan radar. Dengan ini maka pengendaraan akan menjadi lebih aman karena dapat membantu pengemudi yang mengantuk atau melakukan aktivitas lain seperti menggunakan ponsel.

Rear Cross Traffic Alert with Blind Spot Monitoring juga diharapkan bisa membantun pengendara dalam memastikan pengendaraan tetap aman. Karena fitur ini dapat memberi informasi ada tidaknya kendaraan lain di belakang yang tak terlihat di spion.

Kehadiran TSS di Toyota Raize ini tentunya sangat menarik karena sebelumnya teknologi tersebut hanya digunakan pada mobil-mobil premium. Dengan kehadiran TSS di Toyota Raize tentu diharapkan kedepannya seluruh mobil Toyota akan menggunakan teknologi tersebut.

Apalagi saat ini masih banyak mobil-mobil Toyota dengan harga lebih tinggi dan penjualan lebih baik tapi belum memiliki TSS. Namun tentunya ini akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya teknologi TSS saat berkendara.

Varian dan Harga Toyota Raize

Toyota memberikan cukup banyak pilihan varian Raize untuk pelanggan di Indonesia. Banyaknya pilihan tersebut diberikan guna memberi keleluasaan kepada masyarakat untuk memilih varian yang paling cocok untuk kebutuhan dan keinginannya masing-masing.

Dan berikut adalah detail varian dan harga dari Toyota Raize terbaru 2021:

  • 1.0T G M/T One Tone Rp228.400.000
  • 1.0T G M/T Two Tone Rp230.800.000
  • 1.0T G CVT One Tone Rp242.100.000
  • 1.0T G CVT Two Tone Rp244.500.000
  • 1.0T GR CVT One Tone Rp254.000.000
  • 1.0T GR CVT Two Tone Rp256.300.000
  • 1.0T GR CVT TSS One Tone Rp273.700.000
  • 1.0T GR CVT TSS Two Tone Rp276.100.000
  • 1.2 G CVT One Tone Rp210.000.000
  • 1.2 G MT One Tone Rp224.100.000

[Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar