Pemkot DKI Kembangkan Program untuk Atasi Kemacetan

Berita Otomotif

Pemkot DKI Kembangkan Program untuk Atasi Kemacetan

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini tengah melakukan beragam pengembangan untuk membuat jalan lebih lancar, salah satunya adalah First Mile dan Last Mile.

Dilansir dari akun Twitter resmi Dinas Pehubungan DKI Jakarta, First Mile dan Last Mile merupakan salah satu istilah umum di bidang transportasi. First Mile adalah perjalanan dari tempat asal menuju tempat transit transportasi massal. Sementara Last Mile adalah perjalanan dari tempat transit transportasi massal ke tempat tujuan.

First and Last mile ini idealnya dengan berjalan kaki atau bersepeda sehingga kepadatan di jalan dan kesemrawutan di stasiun kereta atau halte bus bisa dihilangkan. Selain itu, hal ini juga harus didukung dengan tempat transit yang terjangkau (tidak jauh) dan trotar yang ramah bagi pejalan kaki atau sepeda.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta sedang berusaha untuk mewujudkan First dan Last Mile yang ideal dengan revitalisasi trotoar dan juga sistem integrasi Jak Lingko yang menghadirkan Transportasi lebih dekat kepada masyarakat.

Tak hanya itu, Pemprov juga melakukan beberapa pembangunan jalur sepeda yang akan dibagi ke dalam tiga fase pembangunan. Nantinya, jalur sepeda tersebut akan membentang sepanjang 63 KM dan diharapkan dapat memberikan akses nyaman bagi para pengguna sepeda.

Peningkatan jumlah pesepeda nantinya diharapkan dapat mengurangi polusi dan kemacetan yang selama ini dianggap sudah terlalu parah di DKI Jakarta. Simak dan awasi terus pengembangan program ini.  [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar