Ini Regulasi Keselamatan Baru Formula 1

Berita Otomotif

Ini Regulasi Keselamatan Baru Formula 1

LONDON - FIA memastikan bahwa pada musim balapan tahun 2015 mendatang akan mempergunakan sistem keselamatan baru. Sistem tersebut akan menggunakan Virtual Safety Car (VSC) yang diperkenalkan pertama kali setelah terjadinya kecelakaan Jules Bianchi pada Grand Prix Jepang tahun lalu.

Prosedur tersebut sudah disepakati dan ditetapkan menjadi salah satu regulasi dari musim balapan 2015 dan diharapkan mampu memberi mengamankan perlombaan. VSC akan digunakan ketika 2 bendera kuning dikibarkan di salah satu trek balapan dan pembalap lain ataupun kru balapan berada di zona berbahaya, namun safety car belum diperlukan.

Ketika VSC diberlakukan, semua panel digital di trek akan menampilkan VSC, sementara itu para kru akan memberitahuan kepada tim yang berlomba melalui pesan resmi.

Dalam kondisi ini, para pembalap akan dilarang untuk masuk pit kecuali untuk mengganti ban dan harus tetap berada di waktu minimum yang ditetapkan oleh FIA. Mobil mungkin tidak akan dikemudikan secara maksimal namun tidak perlu terlalu lambat, tidak teratur maupun melakukan hal yang dianggap berpotensi bahaya. Siapa yang tidak dapat menjaga waktu minimal akan di proses pada pengawas balapan.

Ketika kondisi dianggap sudah aman, tim akan diberitahu melalui pesan resmi. Kemudian 10 hingga 15 detik kemudian, tulisan VSC pada lampu panel akan berubah menjadi hijau dan pembalap dapat melakukan balapan kembali. Lampu akan padam 30 detik kemudian. [Adi/Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support