Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ini Posisi Mengemudi yang Benar dari Rifat Sungkar

Panduan Pembeli

Ini Posisi Mengemudi yang Benar dari Rifat Sungkar

JAKARTA - Mengemudi adalah kegiatan yang dilakukan hampir setiap hari oleh banyak orang. Namun ternyata, banyak di antara pengendara belum mengetahui cara berkendara yang baik, sesepele bagaimana posisi yang benar ketika mengemudi.

Biasanya seseorang dalam mengemudikan kendaraan cenderung untuk mencari posisi nyaman bagi dirinya. Tetapi, posisi nyaman itu belum tentu merupakan posisi aman. 
Seringkali tanpa disadari, kita tidak memerhatikan bagaimana posisi pengendara yang benar, sehingga bisa meningkatkan resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

Rifat Sungkar bersama dengan Rifat Drive Labs, memberikan beberapa tips mengenai bagaimana posisi pada saat berkendara, khususnya untuk posisi duduk, tangan dan kaki.  

Hal- hal berikut menurutnya perlu diterapkan agar kita memperoleh 3K yaitu: Komunikasi, Kenyamanan dan Kontrol.

Posisi Duduk
Menurut Rifat, setelah kita duduk, cobalah mengatur jarak kaki dan pedal-pedal dengan cara kaki dapat menjangkau pedal kopling secara full untuk mobil manual dan kaki dapat menginjak pedal rem secara penuh untuk mobil bertransmisi otomatis.

Lalu lakukan pengaturan posisi sandaran punggung dengan cara meletakkan salah satu tangan di jam 12 stir dengan tangan lurus, kemudian sandaran diatur menempel merata dipunggung kita dari bagian bawah sampai pundak. Ini adalah titik terjauh di lingkaran stir yang harus dapat kita pegang.

Kemudian atur ketinggian (jika ada) untuk mendapatkan pandangan visual yang maksimum ketika berkendara. Atur pula ketinggian head restrain sesuai postur.

Setelah itu, kenakan safety belt dengan benar. Atur juga semua posisi kaca spion. Dan jika ingin menyalakan audio system, lakukanlah sebelum perjalanan.

Posisi Tangan
Untuk posisi tangan di setir, cara termudah untuk menjelaskannya adalah menggunakan bahasa jam. Pada saat berkendara posisi tangan sebaiknya berada pada jam 9-3 atau 10-2,. Posisi 9-3 lebih baik, karena tuas-tuas kontrol berada di area ini.

Beberapa hal yang tidak dianjurkan saat kita mengemudikan kendaraan adalah  :
- Dengan hanya satu tangan
- Tangan di arah dalam lingkar kemudi (bahaya airbag)
- Kedua tangan berkumpul di satu titik dalam kemudi.
- Menggunakan bola pemutar seperti di kemudi alat berat.
- Ibu jari/jempol posisi mengunci di palang stir, bisa menciderai dan menghalangi kontrol stir.

Posisi Kaki
Untuk mobil manual selalu biasakan kaki kiri ada di footrest, jangan ditempelkan pada pedal kopling. Sementara untuk mobil matik, kaki kiri 100 % berada di footrest, sehingga hanya kaki kanan yang digunakan.

Posisi kaki kanan yang baik adalah, tegak lurus di pedal rem dan miring ke kanan untuk menginjak pedal gas, dengan tumit menempel lantai mobil, dan tumit tidak bergeser. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang