Beragam Penyebab Cahaya Lampu Mobil Kurang Terang

Panduan Pembeli

Beragam Penyebab Cahaya Lampu Mobil Kurang Terang

JAKARTA – Jelang musim hujan, ada banyak komponen kendaraan yang harus mendapat perhatian lebih. Salah satunya sistem pencahayaan yang berfungsi memberikan tambahan jarak pandang pengemudi saat hujan.

Lampu yang redup tentunya akan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Apalagi, semakin lebat hujannya, semakin terbatas daya pandang pengemudi.

Untuk itu, pastikan selalu mengecek lampu sebelum melakukan perjalanan.

Lampu kendaraan yang kurang terang bisa dipicu banyak sebab. Pertama adalah relay lampu yang rusak.

Padahal, relay berfungsi sebagai jembatan arus listrik utama yang terhubung dari aki ke lampu. Komponen ini terdiri dua rangkaian yaitu rangkaian arus kecil yang masuk ke saklar dan rangkaian arus utama untuk masuk ke lampu.

Lampu mobil

Rangkaian utama pada relay dapat terhubung karena saklar telah dinyalakan, sehingga lampu bisa nyala terang. Kontak di dalam relay longgar bisa menyebabkan lampu kurang terang.

Penyebab lain adalah karat pada soket. Korosi tersebut menciptakan hambatan bagi arus listrik sehingga menurunkan tegangan yang masuk ke lampu dan pada akhirnya membuat cahaya menjadi redup.

Selain karat, soket lampu juga bisa meleleh. Lelehan di area soket ini lagi-lagi menjadi penghambat aliran listrik yang masuk ke lampu dan menyebabkan gangguan serupa.

Umumnya, kerusakan ini disebabkan oleh soket yang kurang masuk ke dalam terminal lampu sehingga terjadi loncatan elektron dari dua konduktor. Loncatan elektron tersebut menimbulkan  panas dan melelehkan area soket yang terbuat dari bahan plastik.

Lampu mobil

Aki yang sudah lemah juga membuat cahaya yang dihasilkan oleh lampu tidak optimal. Kerusakan pada aki tidak hanya berdampak pada lampu namun ke seluruh komponen kelistrikan seperti starter dan klaksin yang ikut melemah.

Kusamnya mika pada lampu juga berdampak pada kurang maksimalnya pencahayaan. Biasanya mika menjadi kusam karena faktor umur. Mobil yang berusia diatas 3 tahun biasanya memang harus melakukan pembersihan secara detail, termasuk mika lampu.

Sayang, untuk melakukan pembersihan ini, perlu sedikit keterampilan khusus karena harus melakukan pembongkaran. Untuk itu disarankan melakukan pembersihan di tempat yang memang sudah berpengalaman agar hasil yang dikerjakan menjadi lebih maksimal. [Adi/Xan]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar