Rekomendasi Tempat Beli Spare Part Mobil di Jakarta

Panduan Pembeli

Rekomendasi Tempat Beli Spare Part Mobil di Jakarta

Tempat beli spare part mobil di Jakarta ada banyak. Beberapa di antaranya sudah berdiri sejak lama dan dikenal masyarakat luas, khususnya bagi mereka yang sering mendandani mobilnya menggunakan produk aftermarket maupun genuine part keluaran pabrikan.

Umumnya tempat beli spare part mobil di Jakarta tidak hanya menawarkan onderdil dan aksesori saja, tapi juga melayani bongkar pasang di tempat. Tentu, layanan ini mempermudah pemilik mobil, sehingga tak perlu repot mencari bengkel terdekat.

Namun, tergantung pemilik kendaraan apakah mau menanfaatkan jasa mereka atau hanya membeli spare part dan memasangnya di bengkel kepercayaan masing-masing.

Pusat Sparepart Mobil

Tempat beli spare part di Jakarta diisi oleh beragam toko yang menjual berbagai merek, dan jenis spare part untuk mobil. Konsumen bebas memilik toko mana yang ingin dikunjungi.

Tak hanya itu, di tempat yang sama terdapat dealer-dealer mobil bekas. Mobil-mobil tersebut biasanya melakukan perawatan dengan membeli sparepart di lokasi tersebut.

Bicara soal harga, biasanya lebih terjangkau ketimbang membeli spare part langsung di bengkel. Bahkan harganya masih bisa turun, tergantung seberapa ahlinya Anda dalam melakukan negosasi dengan pedagang.

Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ini rekomendasi tempat beli spare part di Jakarta yang bisa menjadi pilihan masyarakat dalam melakukan perburuan onderdil atau aksesori mobil.

Pasar Onderdil Cipete Fatmawati

Pertama adalah pasar onderdil Cipete Fatmawati yang terletak di jalan RS Fatmawati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tempat ini sudah cukup dikenal sebagai pusat spare part yang lengkap. Layaknya sebuah pasar, di lokasi ini terdapat banyak toko berjajar yang menjual beragam spare part kendaraan dari beragam merek.

Pusat Aksesoris dan Spare Part Mobil Blok M Square

Pusat Sparepart mobil

Pilihan kedua adalah pusat aksesoris dan spare part Mobil Blok M Square yang baru dibuka pada 2019 lalu.

Kebanyakan pedagang di sini adalah pindahan dari Pusat Ondedil ITC Fatmawati yang kini sudah tutup permanen.

Di tempat tersebut tidak hanya ada pilihan toko sparepart, tapi bengkel akesori, mulai dari audio hingga modifikasi body pun juga banyak pilihannya.

Pusat Onderdil Sawah Besar Asem Reges

Selanjutnya adalah pusat onderdil Sawah Besar Asem Reges yang berada di Jalan Taman Sari Raya No. 40, Tamansari, Jakarta Barat.

Di lokasi ini menyediakan banyak spare part untuk beragam merek mobil.

Lokasi ini sudah terkenal sejak era 1990-an, sehingga sudah cukup melegenda di kalangan pecinta otomotif.

Pusat Onderdil Atrium Senen

Pusat Sparepart mobil

Selanjutnya adalah pusat onderdil Atrium Senen yang memiliki keunggulan dari sisi kenyamanan. Pasalnya lokasinya memang ada di dalam mall ,sehingga terbilang cukup nyaman dan memiliki banyak pilihan toko.

Selain nyaman, di lokasi ini juga terbilang lengkap bahkan ada beberapa montir lepas yang diperkerjakan untuk melakukan perbaikan mobil.

Sentra Onderdil Pasar Palmerah

Sentra onderdil pasar Palmerah yang terletak di Pasar Palmerah Lantai 3, Gelora, Jakarta Pusat juga bisa menjadi pilihan menarik. Terlebih untuk penggemar mobil tua, karena di sini diipenuhi oleh pedagang yang menjual spare part mobil bekas dengan harga yang cukup bersaing.

Mega Glodok Kemayoran (MGK)

Pusat Sparepart Mobil

Selain menjadi salah satu pusat penjualan mobil bekas, MGK telah menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk mencari spare part hingga memodifikasi kendaraan.

MGK beralamat di jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat dan merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh pecinta otomotif, karena lokasinya yang strategis dan nyaman.

Pasar Otomotif Duren Sawit

Untuk masyarakat yang tinggal di Jakarta Timur maka pasar otomotif Duren Sawit bisa menjadi pilihan.

Pasar otomotif Duren Sawit beralamat di Duren Sawit Raya, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Tak hanya spare part,yang ada di sini, pelanggan juga bisa melakukan modifikasi, penambahan aksesori, bahkan membeli mobil bekas.

Pasar Mobil Kemayoran

Pilihan satu ini tentunya sudah tidak asing lagi karena memang menjadi salah satu pusatnya mobil di Jakarta.

Pasar Mobil Kemayoram terletak di Jalan Industri Raya, Pademangan Timur, Kecamatan. Pademangan, Jakarta Utara. Lokasi ini sudah terkenal akan kelengkapannya mulai dari spare part, bengkel hingga penjualan mobil bekas.

Hampir semua spare part dan mobil dari beragam merek serta tahun pembuatan dapat ditemui di lokasi ini dengan mudah.

Sayangnya lokasinya memang kurang nyaman dan terlalu banyak calo berkeliaran bila dibandingkan di beberapa tempat lain. Untuk itu sebelum datang ke pasar mobil Kemayoran sebaiknya pastikan hendak mencari apa dan tujuan toko agar mudahnya pencarian.

Tips Membeli Spare Part Mobil

Walau sudah mengetahui tempat beli spare part mobil di Jakarta, bukan berarti lantas bisa langsung mendatangi alamat untuk mencari spare part. Pasalnya di pusat-pusat sparepart akan ada banyak pilihan dan godaan, sehingga beresiko melakukan pembelian yang salah. Bukannya bisa memperbaiki kendaraan, tetapi malah spare part tidak bisa digunakan.

Untuk itu disarankan agar memperhatikan kembali spare part yang hendak dibeli. Jenis dan akan digunakan untuk mobil apa serta tahun berapa. Pasalnya ada beberapa spare part dari kendaraan berbeda yang bisa dimanfaatkan.

Pelajari harga sebelum melakukan pembelian juga harus dilakukan. Tidak ada salahnya untuk mencari spare part di toko online untuk dijadikan patokan harga.

Tak hanya itu, melakukan survey dari toko ke toko juga bisa menjadi keputusan bijak, karena harganya bisa jadi berbeda.

Perlu diketahui bahwa spare part yang dijual di pusat otomotif tidak semjuanya genuine. Ada banyak pilihan spare part yang berkualitas baik meski bukan genuine. Tetapi ada pula spare part yang disebut genuine padahal palsu dan tidak berkualitas.

Untuk itu perhatikan kebutuhan kendaraan dan bujet sebelum melakukan pembelian spare part.

Pusat Sparepart

Bagi yang hendak melakukan pembelian spare part bekas, tidak ada salahnya untuk lebih waspada. Salah satunya adalah dengan melakukan pengujian terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Hal ini untuk menghindari membeli spare part bekas yang sudah rusak.

Meski tidak sedikit yang menerima pembayaran cashless di pusat-pusat otomotif, uang tunai tetap penting. Hal ini karena sering kali alat yang mereka miliki ternyata rusak atau sedang ada perbaikan. Satu-satunya cara adalah dengan membayar spare part dengan uang tunai.

Jangan ragu untuk menawar harga sebelum melakukan pembelian. Hal ini dimungkinkan karena tawar menawar memang hal yang wajar di sini.

Jangan sungkan untuk meninggalkan toko bila harga yang ditawarkan memang tidak masuk akal atau jauh di atas harga pasaran.

Bila masih bingung, tidak ada salahnya untuk membawa rekan yang memang sudah sering melakukan transaksi di pusat spare part dan mengerti otomotif. Hal ini untuk memastikan bahwa barang yang dibeli memang sesuai kebutuhan dan dibeli dengan harga wajar. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar