Ini Lho Penyebab Pintu Mobil Susah Ditutup Rapat

Panduan Pembeli

Ini Lho Penyebab Pintu Mobil Susah Ditutup Rapat

JAKARTA – Semakin tua umur mobil, semakin rentan pula untuk rusak. Salah satu masalah yang paling umum dihadapi adalah pintu mobil sulit tertutup rapat.

Bila sudah terjadi demikian, biasanya pemilik mobil melakukan penutupan pintu dengan membantingnya secara keras, agar dapat tertutup rapat.

Kondisi tersebut sebenarnya terdengar sepele, tapi tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena dapat merembet ke bagian dalam daun pintu. Akibatnya rangkaian yang ada di dalamnya juga ikut kendur. Jika sudah begitu maka perbaikan pun akan semakin mahal.

Pintu Mobil

Lantas apa sebenarnya penyebab dari sulitnya pintu ditutup? Penyebab pertama, adanya kerusakan pada peranti pengait atau doorlock yang berfungsi sebagai pengait jangkar dari daun pintu sesaat setelah daun pintu ditutup.

Kerusakan ini terjadi bila seseorang terlalu sering menutup pintu mobil dengan tenaga yang besar dan menghasilkan entakan kuat. Akibat entakan yang kuat dan keras itu peranti pengait atau doorlock akan menjadi cepat aus.

Selain itu, ada pula kemungkinan doorlock kemasukan air. Air tersebut bisa masuk saat mobil dicuci dengan tekanan air yang tinggi dari steam dan pintu tidak tertutup rapat. Kondisi ini berakibat doorlock akan mengering ,sehingga menjadi seret saat daun pintu ditutup.

Untuk mencegah dan mengatasi persoalan yang kemungkinan terjadi di peranti pengait atau doorlock ini sangat mudah.

Pertama, jangan menutup pintu mobil dengan entakan yang kuat dan keras.

Kedua, saat mencuci mobil, pastikan pintu mobil sudah tertutup rapat dan ketiga, berikan grease atau cairan pelumas secara rutin pada doorlock

Penyebab kedua pintu mobil sulit rapat adalah adanya engsel pintu turun. Kondisi ini biasa terjadi pada mobil yang pintunya sering dibiarkan terbuka atau menggantung terlalu lama. Akibatnya posisi engsel pintu bisa mengalami penurunan.

Meskipun hanya seperempat atau setengah milimeter, jika daun pintu terlalu lama dibiarkan menggantung, pergeseran dan penurunan engsel akan bertambah.

Untuk mencegahnya, jangan biarkan daun pintu kerap menggantung terlalu lama saat membukanya. Jika hal itu sudah terjadi, maka atasi dengan memberikan cairan pelumas ke engsel pintu.

Penyebab lain sulitnya pintu mobil tertutup rapat, yaitu karet pintu bergeser, karet sudah getas atau penggantian karet dengan ketebalan yang tidak tepat.

Persoalan karet pintu terjadi seiring dengan usia pakai mobil yang sudah di atas lima tahun.

Cara mencegahnya mudah, yaitu merawat karet pintu dengan baik. Selain itu, bila ingin menggantinya, pilihlah bahan yang tepat dan dengan ketebalan yang tepat juga. Hal tersebut tentu akan mengurangi risiko kerusakan pada pintu. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar