Toyota Punya Langkah Global Hadapi Pandemik Covid-19

Berita Otomotif

Toyota Punya Langkah Global Hadapi Pandemik Covid-19

TOKYO – Toyota akan melakukan beragam langkah untuk ikut membantu melawan pandemik Corona Virus Disease (Covid-19) di seluruh dunia.

Bentuk bantuan yang akan dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi wilayah, termasuk kemampuan Toyota di negara tersebut. Dengan demikian, bantuan Toyota dapat lebih tepat sasaran dan efektif untuk melawan Covid-19.

“Kami sadar dengan perasaan orang-orang di tengah pandemik ini. Kami harus bisa mencapai kesimpulan, mengambil keputusan dan melakukan tindakan dengan cepat namun tetap fokus pada keselamatan dan keamanan. Toyoa akan melakukan apa yang dapat dilakukan untuk membantu lini depan parawatan dan membatasi penyebaran Covid-19,” terang Akio Toyoda, Presiden Direktur Toyota Motor Corporation (TMC).

Yang pertama akan dilakukan Toyota adalah memproduksi pelindung wajah medis. Toyota akan memproduksinya di pabrik Toyota Teiho, Jepang. Sedikitnya akan ada 500 hingga 600 pelindung wajah yang bisa mereka produksi. Jumlah ini akan dievaluasi bila ada perusahaan lain yang akan bergabung dalam memproduksinya.

Selanjutnya adalah ikut meningkatkan produksi perlengkapan kesehatan menggunakan Toyota Production System (TPS). Langkah ini merupakan respon atas permintaan Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) yang meminta agar produsen otomotif memproduksi perlengkapan kesehatan. Saat ini Toyota sudah berkoordinasi dengan sejumlah produsen alat kesehatan untuk mendapatkan standard yang sesuai.

Ketiga, Toyota akan fokus membantu transportasi pasien Covid-19. Peningkatan jumlah pasien di Tokyo sangat tinggi dan Toyota ingin membantu agar dapat mengurangi jumlah penyebarannya. Mereka ingin membantu transportasi pasien dari rumah ke fasilitas kesehatan atau tempat karantina dengan menggunakan kendaraan khusus.

Keempat adalah memanfaatkan rantai pasokan Toyota untuk memproduksi perlengkapan higienis seperti Alat Pelindung Diri (APD) termometer dan sebagainya. Perlengkapan ini belakangan mulai sulit untuk didapatkan.

Toyota juga berencana untuk mensuplai beragam kebutuhan medis lainnya. Melalui anak perusahaannya, Aisin Seiki Co.,Ltd telah melihat peluang untuk memproduksi perlengkapan medis lain seperti kasur, tabung disinfektan dan beberapa partisi sederhana untuk dijadikan dinding Rumah Sakit.

Toyota berpatisipasi melakukan penelitian guna membantu pengembangan obat. Denso Corporation yang merupakan bagian dari group Toyota telah melakukannya, bekerjasama dengan D-Wave, sebuah perusahaan asal Kanada. Mereka terus mendukung dalam pengembangan obat agar bisa segera ditemukan.

Di Indonesia sendiri, Toyota melalui Astra Group telah memberikan sejumlah bantuan yang disalurkan kepada Pemerintah guna mengatasi pandemik Covid-19. Bantuan tersebut diharapkan dapat mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar