Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Berapa Lama Waktu Pengisian Daya Baterai Mobil Listrik? Simak Penjelasannya

Berita Otomotif

Berapa Lama Waktu Pengisian Daya Baterai Mobil Listrik? Simak Penjelasannya

Lama pengisian daya baterai mobil listrik bervariasi, tergantung antara lain dari kapasitas baterai, besaran arus pengisian, dan teknologi charging yang digunakan. Untuk lebih jelasnya simak lama waktu pengisian daya baterai yang ideal untuk beberapa model mobil listrik yang sudah dipasarkan di Indonesia.

Pamor mobil listrik murni tengah naik daun, hal ini dilatarbelakangi oleh keinginan pemerintah untuk mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik, mengurangi emisi Gas Rumah kaca (GRK), dan mengurangi impor Bahan Bakar Minyak.

Sejauh ini sudah ada beberapa pabrikan otomotif yang memasarkan mobil listrik murni di dalam negeri, antara lain BMW, Mini, Wuling, Hyundai, Nissan, dan Lexus. Jenis-jenis mobil listrik yang dijual pun cukup beragam, ada city car, hatchback, SUV, hingga sedan.

Masing-masing model mengusung teknologi dan daya jelajah yang berbeda-beda, pun demikian dengan lama waktu pengecasan daya baterainya. Ada yang membutuhkan waktu sekira 1 jam, 4 jam, bahkan 15 jam untuk membuat daya baterainya terisi penuh.

Kali ini, Mobil123.com merangkum beberapa model mobil listrik yang ada di Indonesia, serta memberikan rincian tentang lama waktu yang dibutuhkan untuk mengecas daya baterai mobil tersebut.

Hyundai Ioniq 5

Mobil listrik pertama yang dibahas kali ini adalah Hyundai Ioniq 5. SUV listrik teranyar ini merupakan yang pertama menggunakan Electric Global Modular Platform (E-GMP).

Pada platform tersebut terpasang baterai Liquid-Cooled Lithium-Ion dengan kapasitas 58 kWh (Standard Range) dan 72,6 kWh (Long Range).

Pada Ioniq 5 varian Prime dan Signature Standard Range memiliki daya jelajah maksimal 384 km, sedangkan untuk varian Prime dan Signature Long Range masing-masing punya jarak tempuh 481 km dan 451 km.

Soal lama waktu pengisian daya baterai, Ioniq 5 hanya membutuhkan waktu 5 jam (Prime dan Signature Standard Range) atau 6 jam (Prime dan Signature Long Range), untuk pengisian daya hingga 100% menggunakan fasilitas wall charger atau AC Charger.

Kemudian, mobil yang sudah dirakit lokal ini juga hanya butuh 46 menit (Prime dan Signature Standard Range) atau 57 menit (Prime dan Signature Long Range), untuk pengisian daya hingga 80% di fasilitas fast-charging atau DC Charger kapasitas daya 50kW. 

Wuling Air EV

Wuling Air EV merupakan mobil listrik termurah yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Harganya mulai dari Rp238 juta on the road Jakarta.

Air EV memakai baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 17,3 kWh untuk varian Standard Range dengan jarak tempuh 200 km dan 26,7 kWh di varian Long Range yang dapat mencangkup jarak hingga 300 km.

Lama waktu pengisian daya baterai Air EV varian Standard Range menggunakan charger 2.0 kW AC adalah sekitar 8,5 jam. Sementara itu, tipe Long Range memakai charger 6.6 kW AC membutuhkan waktu pengisian sekitar 4 jam.

Lexus UX 300e

Di segmen SUV, ada Lexus UX 300e. Mobil ini mengandalkan baterai lithium-ion kapasitas 54,3 kWh yang memberikan daya kepada motor listrik tipe AC Permanent Magnet Motor. Tenaga yang dihasilkan mencapai 201 hp dan torsi maksimum 300 Nm.

Dengan baterai dan motor listrik tersebut, UX 300e mampu menempuh jarak sekitar 300 km.

Lama waktu pengisian daya baterai mobil listrik UX 300e bermacam-macam tergantung dengan alatnya. Jika menggunakan alat fast-charging aliran DC, pengisian daya baterai hanya memerlukan waktu sekitar 1 – 2 jam 15 menit hingga penuh.

Penggunaan wall box charger aliran AC semi-fast charging mengisi daya baterai UX 300e dalam kurun waktu 6 – 8 jam.

Nissan Leaf

Nissan Leaf menggendong baterai berkapasitas 40 kWh serta motor listrik tipe EM57, AC3 Synchronous. Motor listrik ini dapat menghasilkan tenaga 150 ps dan torsi puncak 320 Nm.

Baterai Leaf diklaim mampu menempuh jarak sejauh 311 km.

Untuk pengisian dayanya ada dua cara. Pertama menggunakan portable charger 3.3 kW, yang mana membutuhkan waktu 12 – 15 jam hingga daya baterai penuh. Kedua pakai home charger AC 7.4 kW yang membuat waktu pengisian daya lebih singkat, sekitar 5 – 7 jam.

BMW iX

Model listrik berikutnya berupa Premium SUV, yaitu BMW iX. Mobil ini memiliki baterai berkapasitas 76,6 kWh. Baterai tersebut menyuplai daya ke motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 326 hp dan torsi 630 Nm.

Jarak terjauh yang mampu dicapai iX menggunakan baterai tersebut hingga 390 km.

Pengisian daya iX di rumah menggunakan BMW Wallbox atau Flexible Fast Charger 11 kW, untuk jarak tempuh 100 km dapat dilakukan dalam kurun waktu 1 jam 39 menit. Sementara menggunakan kabel charger standar atau Flexible Fast Charger 2,3 kW membutuhkan waktu 8 jam 18 menit untuk jarak tempuh yang sama.

Pada pengisian daya baterai di luar rumah, misalkan charging station yang menyediakan fast-charging berdaya tinggi hingga 350 kW DC, untuk jarak tempuh 100 km hanya memerlukan waktu 8 menit. Sementara itu, pengisian di SPKLU dengan daya 22 kW AC memakan waktu 1 jam 39 menit untuk jarak tempuh yang sama.

BMW i4

Masih dari BMW, kali ini mobil listriknya adalah BMW i4. Sedan bergaya gran coupe ini memiliki baterai berkapasitas 83,9 kWh.

Motor listrik yang disematkan pada i4 mampu menghasilkan tenaga 340 hp dan torsi puncak 430 Nm.

Dengan kapasitas daya baterai yang lumayan besar, BMW i4 dapat menempuh jarak yang relatif lebih jauh dari mobil listrik lainnya, yaitu 520 km.

Lama waktu pengisian daya baterai mobil listrik BMW i4 lebih cepat dari iX. Pengecasan di rumah menggunakan BMW Wallbox dan Flexible Fast Charger 11 kW, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya buat jarak tempuh 100 km adalah 1 jam 23 menit, kemudian penggunaan kabel charger standar atau Flexible Fast Charger 2,3 kW memakan waktu pengecasan 7 jam 1 menit.

Pengisian di luar rumah menggunakan aliran DC lebih cepat lagi. Untuk jarak tempuh 100 km, pengisian daya di charging station yang memiliki fasilitas fast charging berdaya tinggi 350 kW DC hanya memakan waktu 4 menit. Jika menggunakan charging station daya 22 kW aliran AC, waktu yang diperlukan sekitar 1 jam 23 menit untuk jarak tempuh 100 km. 

Mini Electric

Terakhir ada Mini Electric atau disingkat Mini E.

Baterai yang terpasang pada mobil ini memiliki daya 32,6 kWh, menyuplai listrik ke motor yang dapat menghasilkan tenaga 184 ps dan torsi mencapai 270 Nm.

Jarak tempuh yang dapat dicapai Mini E sekira 234 km.

Lama waktu pengisian baterai dari 0 – 80% menggunakan alat charger 11 kW AC, seperti Mini Wallbox di rumah atau tempat pengisian daya umum, membutuhkan sekitar 2,5 jam.

Sementara penggunaan alat fast-charging dengan daya 50 kW DC, misalkan di tempat parkir mal-mal atau kantor, dapat mengisi daya mobil dari 0 – 80 % dalam kurun waktu 35 menit. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang