Kisaran Harga Ban Avanza dan Harga Ban Xenia

Berita Otomotif

Kisaran Harga Ban Avanza dan Harga Ban Xenia

JAKARTA – Kali ini kita akan membahas harga ban Avanza dan harga ban Xenia. Termasuk seputar pilihan ban Avanza dan ban Xenia.

Ban merupakan salah satu komponen terpenting pada sebuah kendaraan namun sering kali kurang mendapat perhatian dari pemilik kendaraan.

Salah satunya adalah dengan mengabaikan waktu penggantian ban. Tidak sedikit kendaraan dengan ban yang sudah botak dioperasikan oleh pemiliknya. Padahal, kondisi tersebut bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Padahal untuk mendapatkan ban baru tidaklah sulit dan pilihannya pun banyak. Untuk harga ban Avanza dan harga ban Xenia misalnya, berkisar antara Rp 475.000 hingga 860.000 tergantung dari merk, ukuran dan pilihan varian.

Untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang menggunakan ban berukuran 185/70/14, maka Bridgestone hadir dengan 2 pilihan ban yaitu B250 dan Ecopia EP150. Untuk B250 dibanderol dengan harga Rp 689.000 sudah termasuk pasang dan balancing. Sedangkan Ecopia EP150, harganya lebih murah yaitu Rp 525.000.

Selain Bridgestone, GT Radial juga bisa menjadi pilihan pemilik kendaraan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Berdasarkan penulusuran kami, GT Radial juga memiliki pilihan ban dengan ukuran 185/70/14 yang merupakan ukuran standard Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Pilihan tersebut adalah GT Radial Champiro Eco yang dibanderol dengan harga Rp 445.000.

Sementara untuk Toyota Avanza Veloz yang menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter, ukurannya sedikit berbeda. Ukuran ban Toyota Avanza Veloz 1.5 adalah 185/65 R15 sehingga bisa dipastikan bahwa harga ban akan sedikit lebih tinggi.

Pemilik bisa memilih Bridgestone Turanza T005 yang dijual dikisaran Rp 862.000 atau Techno Tecaz dengan harga sekitar Rp 600.000. Sementara untuk Bridgestone Ecopia EP150 dibanderol dengan kisaran harga Rp 625.000.

Sementara bagi yang ingin menggunakan ban GT Radial, maka GTX Pro bisa menjadi pilihan. Ban ini dijual dengan harga sekitar Rp 535.000. Sedangkan untuk Champiro Eco dihargai lebih murah yaitu hanya Rp 505.000.

Menurut kami harga ban Avanza dan harga ban Xenia di atas tidaklah mahal alias terjangkau. Dengan harga ban Avanza dan harga ban Xenia di atas, jadi jangan sampai kita mengganti atau membeli ban hingga benar-benar botak.

Perhatikan Tekanan Ban

HARGA BAN AVANZA

Salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kondisi ban adalah memeriksa tekanan angin. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan secara rutin sedikitnya satu kali dalam sebulan. Selain itu, pemeriksaan dapat dilakukan bila ban terlihat kempes atau tekanan angin berlebih, terutama bila akan pergi jauh.

Pemeriksaan tekanan angin pada ban bersifat penting sebab kekurangan atau kelebihan tekanan justru akan menyebabkan kerusakan pada ban. Sebab tekanan angin yang berlebihan pada ban dapat menyebabkan ban kurang dapat menahan guncangan sehingga mengurangi tingkat kenyamanan pengendara. Pengendalian kendaraan juga menjadi kurang baik dan bila dibiarkan maka ban akan lebih mudah aus pada bagian sisi tengah.

Sedangkan bila tekanan angin pada ban kurang, maka dapat menyebabkan ban lebih cepat aus pada bagian sisi telapak. Penggunaan bahan bakar juga akan meningkat. Hal ini terjadi karena ban kempes membuat beban ban lebih berat sehingga mesin harus bekerja lebih keras. Karena itu, periksa selalu tekanan ban mobil Anda dengan mengacu pada buku pedoman pemilik kendaraan atau label petunjuk tekanan angin pada pilar pintu pengemudi kendaraan. [Adi/Idr]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar