Kisaran Biaya Detailing Mobil, Dibanderol Mulai Rp300 Ribuan

Panduan Pembeli

Kisaran Biaya Detailing Mobil, Dibanderol Mulai Rp300 Ribuan

Biaya detailing mobil memang tidak bisa dikatakan murah, tapi hasil akhir yang didapat tentu akan membuat pemilik kendaraan tersenyum. Sebab, mobil yang telah dipoles melalui proses datailing akan tampak lebih bersih dan kinclong seperti baru keluar dari diler. 

Menjaga kebersihan mobil adalah salah satu cara agar kendaraan tetap terlihat segar meski digunakan setiap hari. Namun, seiring berjalannya waktu, akan ada beberapa kotoran yang tertinggal di bodi mobil dan sulit untuk dihilangkan. Hal ini membuat mobil terlihat lebih kusam walaupun sudah dicuci secara rutin.

Guna mengatasi masalah tersebut, detailing mobil bisa menjadi sebuah solusi tepat untuk membersihkan dan mengoptimalkan kembali tampilan kendaraan.

Berbeda dengan salon mobil yang hanya fokus pada eksterior kendaraan, detailing akan memberikan perawatan ekstra mulai dari eksterior, interior hingga ke dalam bagian mesin. Bahkan, beragam hal yang membuat tampilan kendaraan menjadi kusam seperti timbulnya jamur, bekas aspal dan goresan halus bisa dihilangkan dengan melakukan detailing.

Tahapan Auto Detailing

Proses Detailing Mobil

Dalam melakukan detailing mobil, ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Hal ini tentunya untuk memastikan tampilan kendaraan bisa menjadi lebih optimal ketimbang sebelumnya.

Tahap pertama yang dilakukan dalam proses detailing adalah pembersihan.

Proses pembersihan ini bisa dilakukan dengan mencuci mobil atau hanya sekedar mengelapnya saja menggunakan kain khusus.

Dalam tahap pembersihan ini biasanya juga akan dilakukan claying dan paint cleaning.

Claying adalah metode untuk membersihkan debu dan kotoran membandel. Kemudian paint cleaning adalah proses untuk membersihkan body tanpa merusak permukaan cat.

Setelah tahap pembersihan dilakukan maka mobil akan masuk ke tahap kedua yaitu proses preparasi atau paint correction. Dalam tahap ini biasanya dilakukan compounding, polishing, hingga glazing yang dapat memperbaiki goresan, baret dan oksidasi pada body kendaraan. Boleh dikatakan bahwa tahap ini adalah yang terpenting, karena menentukan hasil dari detailing kendaraan.

Setelah itu masuk ke tahap ketiga yaitu perlindungan. Pada tahap ini mobil akan dilapisi dengan wax hingga coating guna membuat body mobil terlindungi.

Tahap ini akan membuat body mobil menjadi terlihat lebih bersih ketimbang sebelumnya.

Setelah melakukan semua tahapan tersebut, tentunya pelanggan tidak boleh lupa untuk melakukan perawatan secara rutin.

Perawatan adalah tahapan keempat yang harus dilakukan oleh pelanggan. Hal ini untuk menjaga tampilan kendaraan supaya tetap kinclong dan tahan lama.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk kembali melakukan detailing mobil? Tentunya itu sangat bergantung pada pemakaian kendaraan.

Semakin sering mobil digunakan maka akan semakin cepat pula tampilan kendaraan kusam dan harus dilakukan detailing ulang.

Namun umumnya, detailing 3 sampai 6 bulan sekali sudah cukup untuk mengoptimalkan tampilan dari kendaraan.

Perlu Waktu Lama

Proses Detailing Mobil

Proses detaling mobil membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ini dikarenakan proses pengerjaan tidak bisa dilakukan dengan cepat dan terburu-buru guna memastikan hasil detailing kendaraan menjadi maksimal.

“Iya, tidak bisa dilakukan secara terburu-buru, karena memang harus sangat detail pengerjaannya. Terlebih detaling yang dilakukan itu bukan hanya eksterior tapi mesin dan interior kendaraan,” ungkap Putro Aji Wibowo, owner Satrio Auto Care Pondok Gede.

Ia juga menerangkan bahwa tahapan paint correction akan membutuhkan waktu lama, karena harus dilakukan secara hati-hati. Pasalnya bila salah melakukan pengerjaan maka cat mobil justru bisa terkikis dan menyebabkan belang.

Tak hanya itu, pekerjaan yang diburu-buru justru akan mengurangi ketelitian dari teknisi. Kondisi ini dikhawatirkan ada beberapa tahapan atau bagian yang kurang dikerjakan secara maksimal sehingga memberi kekecewaan bagi pelanggan.

Lantas berapa lama pengerjaan detailing? Putro pun menyebut bahwa untuk mengerjakan satu unit kendaraan diperlukan waktu setidaknya 4 jam pengerjaan. Waktu tersebut masih bisa bertambah tergantung dengan tingkat kesulitan pekerjaan dan ukuran kendaraan.

“Tergantung kondisi kendaraanya. Kalau memang kondisi kendaraannya banyak noda terutama noda yang sulit dibersihkan seperti getah atau sebagainya pasti akan menjadi lebih lama. Demikian juga ukuran mobil akan mempengaruhi waktu pengerjaan,” terangnya pada Mobil123 beberapa waktu lalu.

Lamanya waktu yang dibutuhkan dalam proses pengerjaan tersebut pun menjadi salah satu hambatan pemilik kendaraan melakukan detailing. Untuk itu sejumlah workshop detailing pun memberikan solusi dengan melakukan pengerjaan di rumah sang pemilik kendaraan.

“Kami memberikan kemudahan kepada pelanggan dengan mendatangi langsung dan melakukan pekerjaan di rumah mereka. Tentunya ini akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi mereka. Meski demikian, kami juga tetap siap bila pelanggan ingin datang langsung ke workshop kami,” tambahnya.

Biaya Detailing Mobil

Proses Detailing Mobil

Biaya detailing mobil cukup beragam, tergantung dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan serta ukuran dari kendaraan. Semakin besar kendaraan tentunya akan membuat harga jasa detailing menjadi lebih mahal dibandingkan yang lain.

Tak hanya itu, harga juga menentukan apa saja yang didapatkan oleh pelanggan. Tentunya semakin detail pekerjaan yang dilakukan maka akan semakin besar pula harga jasa dari detailing tersebut. Terlebih bila mobil yang dikerjakan berada dalam kondisi kotor dan penuh noda membandel sehingga sulit untuk dikerjakan.

Autoglaze, salah satu workshop detailing mobil di Jakarta mematok biaya sebesar Rp2,4 juta untuk paket lengkap mobil kecil.

Sementara untuk mobil medium dipatok sebesar Rp2,6 dan mobil besar dibanderol Rp2,8 juta.

Jika dirasa terlalu mahal maka pelanggan bisa menyesuaikan paket yang akan diambil, karena mereka memberikan paket eksterior, interior atau mesin saja.

Sebagai contoh, untuk paket eksterior di Autoglaze, biaya detailing mobil kecil adalah Rp1,4 juta, mobil medium Rp1,5 juta dan mobil besar Rp1,6 juta.

Proses Detailing Mobil

Sementara untuk paket detailing interior biayanya Rp800 ribu untuk mobil kecil, Rp900 ribu untuk mobil medium dan Rp1 juta khusus mobil besar.

Sedangkan paket detailing mesin ditawarkan mulai dari Rp500 ribu untuk mobil kecil, Rp600 ribu mobil medium dan Rp700 ribu untuk mobil besar.

Jika harga tersebut masih dirasa mahal, maka masih ada beberapa workshop lain yang memberikan penawaran harga lebih terjangkau. Tentunya ini bisa menjadi solusi untuk mereka yang ingin tampilan kendaraannya optimal tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Kisaran harga yang ditawarkan pun terbilang beragam, tergantung dengan apa saja yang dikerjaan untuk mobil tersebut. Umumnya, biaya detailing mobil yang harus dikeluarkan mulai dari Rp300 ribuan untuk paket lengkap seperti eksterior, interior hingga mesin mobil.

“Untuk di Satrio Auto Care sendiri saat ini hanya Rp350 ribu untuk kendaraan dengan ukuran apapun. Sementara itu untuk paket detailing sepeda motor adalah Rp50 ribu berlaku bagi semua jenis dan ukuran,” terang Putro.

Ia pun menyampaikan bahwa dengan dana sebesar Rp350 ribu saja mobil pelanggan akan dibersihkan tidak hanya eksterior, tapi juga interior dan mesin. Dengan ini maka diharapkan pelanggan bisa merasa lebih mudah dalam merawat kendaraan. Terlebih, pelangggan juga bisa tetap mendatangi workshop SAC Pondok Gede yang terletak di Jalan Raya Pondok Gede nomor 34, Keluarahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

“Jadi memang kami inginnya memberikan perawatan kendaraan dengan hasil optimal dengan harga kompetitif. Inilah yang menjadi pembeda kami,” pungkas Putro. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar