Meski Tampak Kuno, Velg Steel Lebih Kuat dibanding Alloy

Berita Otomotif

Meski Tampak Kuno, Velg Steel Lebih Kuat dibanding Alloy

JAKARTA – Velg baja (steel) dinilai memiliki wujud yang tidak apik, namun ternyata masih memiliki beragam keunggulan dibanding velg alloy.

Dilansir dari situs Mobil88, velg baja memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan alloy wheel namun terbilang lebih kuat. Ini yang membuat banyak kendaraan komersial tetap mempertahankan velg steel dibadingkan velg alloy.

Tak hanya itu, kemampuan velg steel bisa diandalkan bila menghadapi jalanan dengan kondisi tidak terduga. Ini karena velg steel tidak mudah pecah meski menghadapi jalanan yang kondisinya kurang baik. Selain itu, harganya yang terbilang lebih murah pun bisa menjadi nilai lebih.

Namun, bukan berarti velg steel selalu unggul dibandingkan velg alloy. Desain velg steel yang itu-itu saja membuatnya terkesan kuno dan murahan. Berbeda dengan velg alloy yang memiliki tampilan menarik dan beragam.

Selain itu, karena terbuat dari campuran alumunium dan nickel sehingga bobotnya ringan, namun tetap kokoh. Karena bobotnya ringan membuat mobil bisa bergerak lebih lincah dibandingkan menggunakan steel wheel (SW).

Banyaknya desain inilah yang membuat alloy wheel lebih banyak digunakan oleh mobil-mobil penumpang. Terlebih, desain mobil penumpang kini dibuat semenarik mungkin guna membuat masyarakat tertarik membelinya.

Sayangnya, velg alloy terbilang cukup tinggi harganya dan lebih mudah untuk pecah. Perawatan juga lebih sulit jika ingin tampilannya tetap enak dipandang terlebih velg alloy terbilang lebih mudah tergores bila terlena batu atau kerikil. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar