Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Detailing Mobil di Rumah

Panduan Pembeli

Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Detailing Mobil di Rumah

JAKARTA – Detailing mobil merupakan proses perawatan kendaraan untuk mengembalikan tampilannya menjadi kinclong dan tidak terlihat kusam.

Umumnya, detailing dilakukan langsung di workshop, karena selain menggunakan peralatan cukup banyak, cairan yang digunakan pun tidak sedikit.

Namun, kondisi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sekarang ini membuat pemilik mobil enggan untuk berkunjung ke workshop detailing mobil.

Untungnya kini ada banyak workshop detailing yang memberikan kemudahan kepada pelanggan dengan menawarkan layanan detailing di rumah. Hal ini tentu memberikan kemudahan dalam melakukan perawatan.

Detailing mobil

“Detailing mobil kini bisa dilakukan di rumah sehingga akan memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Mereka tidak perlu ke workshop tapi peralatan yang akan kami bawa untuk kemudian dikerjakan di rumah pelanggan,” ungkap Putro Aji Wibowo, owner Satrio Auto Care Pondok Gede.

Selain membuat pelanggan tidak perlu pergi jauh-jauh ke workshop detailing mobil, waktu pengerjaan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini karena pengerjaan yang dilakukan di rumah tidak dibatasi dengan waktu tutup workshop selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menariknya lagi, pengerjaan yang dilakukan di rumah memiliki tarif serupa dengan di workshop SAC Pondok Gede yang terletak di Jalan Raya Pondok Gede nomor 34, Keluarahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur..

Selain itu seluruh layanan serta kualitas pengerjaan juga akan disamakan dengan pengerjaan di workshop.

Detailing mobil

Meski banyak keuntungan, Putro tetap mengakui bahwa ada beberapa tantangan dalam mengerjakan detailing mobil di rumah pelanggan. Hal ini karena pelanggan harus menyediakan listrik selama pengerjaan dan lokasi yang setidaknya memiliki atap.

“Perlengkapan yang dibawa itu membutuhkan listrik sekitar 400 watt, kemudian pengerjaan juga sebaiknya dilakukan di lokasi yang memiliki atap agar hasilnya lebih baik. Ini untuk menghindari pengerjaan dilakukan di bawah sinar matahari langsung. Nah kalau mengerjakan di workshop, listrik dan lokasi pengerjaan sudah tersedia jadi pelanggan tidak perlu memikirkan hal tersebut,” ungkapnya.

Detailing mobil merupakan salah satu perawatan kendaraan khususnya untuk mengembalikan tampilan kendaraan. Berbeda dengan salon mobil, detailing mobil tidak hanya mengerjakan bagian eksterior saja, tapi juga interior hingga mesin kendaraan. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar