Ini Himbauan Honda Terkait Recall Airbag

Berita Otomotif

Ini Himbauan Honda Terkait Recall Airbag

JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) menghimbau seluruh pemilik kendaraan Honda di Indonesia bahwa seluruh perbaikan terkait SRS airbag harus dilakukan di Dealer Resmi Honda

Tepat pada tanggal 3 Maret 2017 lalu, terjadi sebuah kecelakaan yang melibatkan Honda Accord 2002 di Amerika Serikat. Kecelakaan tersebut menyebabkan luka serius pada pengemudi kendaraan.

Kejadian tersebut pun membuat Honda langsung menginvestigasi kecelakaan tersebut karena dikhawatirkan melibatkan komponen yang direcall yaitu SRS Airbag.  Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap komponen terkait, ditemukan bahwa SRS airbag kendaraan saat kecelakaan tanggal 3 Maret 2017 tersebut bukan inflator airbag asli dari kendaraaan, dan juga bukan komponen pengganti dari program penggantian komponen yang dilakukan oleh Dealer resmi Honda pada tahun 2012 dan 2015.

Berdasarkan penelusuran riwayat, kendaraan tersebut diketahui telah mengalami kecelakaan pada bulan April 2015 dengan kondisi kerusakan parah, kemudian terjual kepada pemilik saat ini (Pemilik kedua) dengan kondisi yang sudah diperbaiki. SRS airbag yang mengembang pada kendaraan tersebut berasal dari Honda Accord tahun 2001.

Sialnya adalah, SRS Airbag tersebut diperoleh dari sumber lain selain Dealer resmi Honda dan dipasang pada kendaraan setelah terlibat dalam kecelakaan pada bulan April 2015. Hingga saat ini belum diketahui asal dari SRS airbag yang mengembang tersebut.

Berdasarkan insiden tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghimbau seluruh pemilik kendaraan Honda di Indonesia bahwa seluruh perbaikan terkait SRS airbag harus dilakukan di Dealer Resmi Honda. Ini karena untuk memastikan penggunaan komponen yang baru dan asli, serta sesuai dengan standard prosedur perbaikan Honda.

HPM tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kecelakaan terhadap pengemudi ataupun penumpang bila terdapat penggunaan atau pemasangan komponen SRS airbag yang tidak direkomendasikan Honda.

HPM saat ini sudah memiliki persediaan airbag inflator pengganti yang cukup untuk mengganti komponen airbag inflator Takata dalam program kampanye penggantian airbag inflator. HPM terus menghimbau kepada semua pemilik kendaraan untuk segera memeriksakan kendaraan di Dealer Resmi Honda untuk menjadwalkan penggantian komponen inflator airbag secara gratis.

Pelanggan juga dapat memeriksakan apakah kendaraan terdampak dalam program penggantian inflator airbag Takata di situs resmi HPM www.honda-indonesia.com/news-room/product-update, atau menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-1122-789, Senin-Jumat pukul 09.00 s/d 17.00 WIB. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support