Daihatsu Tawarkan Paket Pembersihan Mesin Akibat Serangan Tikus, Harga Terjangkau

Panduan Pembeli

Daihatsu Tawarkan Paket Pembersihan Mesin Akibat Serangan Tikus, Harga Terjangkau

JAKARTA – Daihatsu memberikan jasa paket pembersihan ruang mesin akibat diserang tikus dengan harga Rp 200.000 .

Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di DKI Jakarta dan sejumlah kendaraan terpaksa dikandangkan di garasi. Karena tidak digunakan dalam waktu lama, sebagian kendaraan diserang hama tikus. Akibatnya, ruang kotor menjadi kotor dan bau.

Saat PSBB mulai dilonggarkan, sejumlah bengkel termasuk bengkel resmi menerima jasa untuk membersihkan ruang mesin kendaraan. Daihatsu adalah salah satu yang memberikan layanan jasa tersebut. Pembersihan dilakukan secara bertahap untuk memastikan ruang mesin bersih tanpa membuat rusak kendaraan.

Dan berikut adalah tahapan pembersihan ruang mesin

  • Pembersihan dengan menggunakan multi purpose cleaner berbahan berbahan solvent atau pelarut. Cairan ini berfungsi untuk membersihkan oli, minyak serta kotoran yang menempel pada bagian mesin kendaraan
  • Mesin disemprot dengan uap
  • Mesin dikeringkan dengan menggunakan angin
  • Finishing dengan menggunakan semir engine waterbase dan dilap dengan spon

Memang terlihat sederhana namun Bambang Supri, Technical Service Division Head Astra Daihatsu Motor mengatakan pembersihan tidak mudah. Pasalnya, sebelum melakukan pembersihan maka teknisi harus memastikan tidak ada kabel yang terkelupas.

“Untuk pemeriksaan kabel dilakukan teknisi terlebih dahulu. Termasuk pemeriksaan koneksi kabel dari kemungkinan short circuit menggunakan diagnostic tools sekaligus lihat indikator di meter combination,” terangnya.

Pengeringan menggunakan angin bertenaga pun ternyata tidak bisa sembarangan. Pasalnya, bila tekanan angin terlalu besar maka dapat membuat beberapa air justru masuk ke konektor kabel. Akibatnya pun bisa membuat mobil rusak.

“Untuk biaya jasa pembersihan ruang mesin ini adalah Rp 200.000 untuk semua tipe kendaraan. Pembersihan bisa dilakukan bersamaan dengan service berkala kendaraan,” tambahnya.

Saat ini, sejumlah dealer dan bengkel resmi Daihatsu sudah mulai beroperasi kembali seiring dengan mulai adanya pelonggaran PSBB di sejumlah daerah. Namun, berdasarkan pantauan Mobil123, pembatasan sosial di dealer dan bengkel resmi masih dilakukan. Untuk itu disarankan untuk masyarakat yang hendak melakukan perawatan melakukan booking service terlebih dahulu agar tidak mengantri terlalu lama. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar