Ini Dia Alat yang Bikin Pertamina Laris Manis

Panduan Pembeli

Ini Dia Alat yang Bikin Pertamina Laris Manis

JAKARTA - Selama ini masyarakat dibingungkan dengan tulisan 'Pasti Pas! di beberapa SPBU Pertamina di Indonesia. Sejumlah masyarakat tidak peduli dengan tulisan tersebut, namun tidak sedikit yang 'aware' dengan fakta Pasti Pas.

Terlepas dari masalah ini, setidaknya PT Pertamina Persero berusaha memberikan yang terbaik kepada konsumen lewat sepenggal kalimat Pasti Pas! Untuk diketahui, program Pasti Pas merupakan salah satu bukti bahwa Pertamina peduli akan kepuasan konsumen.

Muhammad Resa assistant manager brand communication PT Pertamina Persero mengatakan ada beberapa alat yang digunakan untuk mendapatkan sertifikasi Pasti Pas! setelah takaran BBM 'pas'. Alat-alat tersebut adalah satu set bejana tera, waterpass, meteran dan tatakan datar.

Dia menambahkan, instansi yang berwenang untuk mengesahkan takaran ini adalah Balai Metrologi Wilayah dibawah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Setiap SPBU dalam kurun waktu sekurang-kurangnya 6 bulan (peraturan terbaru sekali dalam waktu satu tahun) mendaftarkan ulang semua pompa BBM di SPBU ke Balai Metrologi untuk di tera (ukur) ulang. Petugas Metrologi akan datang dan melakukan pemeriksaan dan tera atau kalibrasi pada pompa BBM di SPBU.

Dengan alat tersebut, lanjut Resa, Pertamina bisa memperoleh jumlah liter BBM sesuai dengan yang dibayar oleh konsumen. Misalnya membeli 20 liter BBM, maka yang keluar dari nozzle dan masuk ke tangki mobil adalah pas pada takaran 20 liter.

Di samping itu, Pasti Pas! memberlakukan batas toleransi kelebihan/kekurangan takaran lebih ketat dari Balai Metrologi yaitu maksimal 0.03 liter (30 ml) per 10 liter atau hanya sebanyak 2 sendok makan. Sementara Dinas Metrologi memperlakukan batas toleransi kelebihan/kekurangan sebesar 0.05 liter (50 ml) per 10 liter.

"Petugas akan memeriksa kecocokan jumlah liter yang dikeluarkan setiap nozzle ke dalam bejana tera tersebut. Takaran dinyatakan cocok dan sah bila BBM yang keluar dari nozzle memenuhi bejana dan mendekati ukuran 20 liter," pungkasnya. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual