Suzuki Ertiga Diperbaharui Setiap Tahun, Ini Alasannya

Berita Otomotif

Suzuki Ertiga Diperbaharui Setiap Tahun, Ini Alasannya

JAKARTA - Suzuki menilai semakin banyak dan bervariasinya model di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) membuat persaingan makin ketat. Penyegaran LMPV mereka, Ertiga, pun harus dilakukan lebih cepat.

Suzuki meluncurkan Ertiga generasi kedua di Indonesia pada April 2018. Mereka juga mengumumkan bahwa setiap tahun, pasti bakal ada penyegaran bagi model tersebut.

Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan bahwa saat ini semakin banyak merek yang masuk ke LMPV. Pilihan-pilihan baru ini pun ada yang menawarkan fitur lebih.

“Tentunya pemain-pemain lama, termasuk kami, tak tinggal diam. Salah satu efeknya adalah penyegaran produk jalan terus dan berlangsung lebih cepat,” ujarnya di sela-sela Uji Keiritan Ertiga terkini yang mencapai lebih dari 25 km/liter di Cirebon, Jawa Barat, belum lama ini.

Sekadar mengingatkan, serangan produk baru di sektor LMPV diawali oleh Wuling pada 2 Agustus 2017. Mereka merilis Confero yang harganya amat murah ketimbang kompetitor lawas, tapi punya fitur lebih lengkap juga mewah.

Tak lama setelah itu, di bulan sama, hadir pula Mitsubishi Xpander. Jagoan Mitsubishi di Indonesia ini menawarkan konsep desain mirip SUV yang amat berbeda dari model-model terdahulu, ditambah lagi kabin terluas di segmennya dan nuansa kabin lebih mewah meski masih berlapis plastik keras.

Berbekal keunikan tersebut, keduanya berhasil memberikan penawaran baru bagi para target konsumen. Setelah itu LMPV-LMPV lawas satu-persatu menyegarkan diri dengan berbagai skala perubahan, dimulai dari All-New Ertiga, Avanza facelift (Februari 2019), All-New Nissan Livina (Februari 2019), hingga Mobilio minor change (Februari 2019).

Follow The Market
Dengan siklus hidup produk lebih cepat, informasi terkait pengembangan produk yang dibutuhkan oleh pasar menurut Donny harus didapat lebih cepat dan lebih akurat. Update produk Ertiga tahun ini berwujud varian baru Ertiga Sport pada Maret kemarin, sedangkan penyegaran produk selanjutnya bakal terjadi antara Januari - Maret 2020.

Donny menjelaskan tawaran-tawaran fitur baru dari pemain yang belakangan masuk sedikit-banyak membuat mereka pun perlu memberikan penambahan fitur lebih cepat dari sebelum-sebelumnya.

“Itu keharusan. Kalau mau survive, you have to follow the market,” tandasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support