Harga Toyota Raize Lengkap dengan Spesifikasinya

Panduan Pembeli

Harga Toyota Raize Lengkap dengan Spesifikasinya

Toyota Raize hadir di Indonesia dengan beragam keunggulan, dan harga yang boleh dikatakan cukup menggoda.

Di masa penerapan dskon PPnBM 100% sampai Desember mendatang Toyota Raize dijual dengan harga mulai dari Rp202 jutaan hingga Rp265,9 juta.

Berikut daftar harga on the road Jakarta Toyota Raize yang berlaku September sampai Desember 2021:

  • Raize 1.0T G M/T One Tone Rp219.900.000
  • Raize 1.0T G M/T Two Tone Rp222.200.000
  • Raize 1.0T G CVT One Tone Rp233.100.000
  • Raize 1.0T G CVT Two Tone Rp235.400.000
  • Raize 1.0T GR CVT One Tone Rp244.700.000
  • Raize 1.0T GR CVT Two Tone Rp247.000.000
  • Raize 1.0T GR CVT TSS One Tone Rp263.700.000
  • Raize 1.0T GR CVT TSS Two Tone Rp265.900.000
  • Raize 1.2 G M/T One Tone Rp202.700.000
  • Raize 1.2 G CVT One Tone Rp215.800.000

Bagi pelanggan yang ingin memanfaatkan fasilitas diskon PPnBM untuk pembelian Toyota Raize caranya sangat mudah.

Salah satu diler resmi Toyota menjelaskan bahwa, pelanggan hanya perlu membayar booking fee/tanda jadi mobil yang mau dibeli dan mengisi SPK (Surat Pemesanan Kendaraan). Kemudian pihak diler akan melakukan pemeriksaan stok kendaraan yang dipesan.

Toyota Raize

Jika memang unitnya tersedia sesuai permintaan seperti tipe, warna, dan jenis transmisi, pelanggan dapat melakukan pembayaran Down Payment (DP) jika membeli secara kredit atau membayar seluruhnya jika ingin membeli secara cash atau tunai untuk diajukan faktur penjualan kendaraan.

Namun perlu diketahui, bila membeli kendaraan secara kredit maka akan ada tambahan tahapan dengan perusahaan pembiayaan. Pelanggan harus menyertakan persyaratan kredit mobil baru dan menjalankan proses survei leasing hingga pengajuan kredit disetujui.

Selanjutnya adalah menunggu STNK dan pelat nomor mobil dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

Apabila unit ready stock, maka mobil dapat segera diantarkan begitu urusan administrasi selesai.

Apabila unit telah sampai di rumah, pelanggan dipersilahkan untuk memeriksa kondisi mobil dan dokumen. Kemudian menandatangani berita acara serah terima kendaraan. Mobil pun siap digunakan sembari menunggu pembuatan BPKB yang memakan waktu antara 1 sampai 3 bulan.

Fitur Keselamatan Menjadi Keunggulan

Toyota Raize

Salah satu keunggulan utama dari Toyota Raize adalah dari sisi teknologi keselamatan aktif. Perlu diketahui bahwa, Raize adalah mobil pertama Toyota yang telah dibekali teknologi keselamatan aktif bernama Toyota Safety Sense (TSS).

Menariknya lagi, teknologi tersebut bisa didapatkan pada mobil yang dijual kurang dari Rp300 juta.

TSS terdiri daril ima fitur keselamatan, berikut ini daftarnya:

  • Lane Departure Assist with Steering Control

Lane Departure Assist with Steering Control merupakan fitur yang mampu membantu pengemudi agar mobil tidak keluar dari jalurnya secara tidak sengaja. Cara kerjanya dengan membaca pembatas jalan melalui sensor yang tersedia.

Selain dapat mengembalikan mobil ke jalurnya, fitur ini juga bisa mengingatkan pengemudi melalui suara. Hal ini berguna untuk mengembalikan tingkat kewaspadaan pengemudi yang mungkin sudah menurun.

  • Pedal Missoperation Control

Fitur ini berfungsi untuk mencegah kendaraan melaju saat pengendara salah menginjak pedal. Fitur akan bekerja secara otomatis melakukan pengereman dan mengeluarkan beberapa indikator sekaligus suara untuk mengingatkan pengemudi.

  • Pre Collision System

Pre Collision System berfungsi untuk menjaga jarak mobil dengan kendaraan lain di depannya untuk mengurangi risiko potensi tabrak depan.

Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan kamera dan radar, sehingga pengendaraan akan menjadi lebih aman, karena dapat membantu pengemudi yang mengantuk atau melakukan aktivitas lain seperti menggunakan ponsel.

  • Rear Cross Traffic Alert with Blind Spot Monitoring

Bisa membantu pengendara dalam menentukan bahwa posisi mereka aman. Pasalnya fitur ini mampu memberi informasi ada tidaknya kendaraan di samping yang tidak terlihat di kaca spion.

  • Adaptive Cruise Control

Mengatur kecepatan mobil dengan kendaran yang berada di depannya.

TSS menjadi sebuah keunggulan yang menarik pada mobil ini. Sayangnya, TSS hanya tersedia pada Raize 1.0 varian teratas saja, yaitu GR CVT TSS One Tone dan GR CVT TSS Two Tone.

Sedangkan varian di bawahnya termasuk Raize 1.2 hanya mendapatkan fitur keselamatan standar seperti, airbag, Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control.

Absennya TSS pada Toyota Raize bermesin 1.2 liter menjadi sesuatu yang cukup disayangkan, karena membuat pilihan masyarakat menjadi lebih sedikit.

Dua Pilihan Mesin

Toyota Raize

Toyota Raize tersedia dalam dua pilihan mesin.

Pilihan pertama adalah mesin 1.0L Turbo, tiga silinder dengan kode 1KR-VET yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 96 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya mencapai 140 Nm pada 2.400–4.000 rpm.

Boleh dikatakan ini kali pertama Toyota menghadirkan teknologi turbo pada mobil dengan harga kurang dari Rp300 juta. Sebelumnya Toyota hanya menyematkan teknologi turbo pada beberapa mobil premium mereka seperti Toyota Fortuner.

Pilihan kedua yang disiapkan Toyota adalah mesin dengan kapasitas 1.2L, tiga silinder berkode WA-VE. Mesin ini memiliki diameter x langkah (bore x stroke) 73,5 mm x 94,1 mm dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 86 hp pada 6.000 rpm, sementara torsi mencapai 112,7 Nm pada 4.500 rpm.

Kehadiran mesin berkapasitas 1.2L untuk memberikan pelanggan pilihan, karena masih banyak orang yang belum familiar dengan teknologi turbo.

Desain Menarik

Toyota Raize

Toyota Raize hadir dengan desain yang sangat menarik dan terasa kukuh meski dimensinya terbilang kompak.

Raize memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm dan jarak sumbu roda 1.475 mm. Sementara ground clearancenya mencapai 200 mm yang terbilang cukup tinggi.

Guna membuat tampilannya semakin modern, Toyota Raize menggunakan lampu LED sebagai penerangan utama dan penambahan DLR.

Di bagian belakang, Toyota juga menggunakan perpaduan LED dan bulb pada lampu sein.

Bagian samping Raize dibenamkan velg 17 inci berdesain palang yang membuatnya terlihat seperti kipas berkelir hitam.

Interior Toyota Raize

Pada bagian interior, Toyota Raize hanya dibalut dengan satu warna, yaitu hitam, tapi khusus tipe GR Sport TSS Two Tone, mendapat aksen silver dibeberapa bagian sehingga memberi kesan lebih mewah.

Mobil yang sudah diproduksi lokal ini juga dilengkapi panel meter digital dan paddle shift yang memberikan jaminan akan pengalaman berkendara menyenangkan pada pengendaranya.

Tak hanya itu, Toyota Raize juga dibekali head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang menggunakan desain floting dengan fitur Radio, USB, Bluetooth dan dapat terhubung ke smartphone. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar