Ini Daftar Lokasi Parkir di Jakarta yang Tarifnya Lebih Mahal

Berita Otomotif

Ini Daftar Lokasi Parkir di Jakarta yang Tarifnya Lebih Mahal

JAKARTA – Meski penerapan parkir kendaraan bermotor roda sebesar Rp60.000 per jam masih dalam tahap usulan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap melakukan uji coba pengenaan disinsentif tarif parkir di beberapa lokasi.

Uji coba tersebut setidaknya sedang dilakukan di tiga lokasi parkir milik Pemda dan diterapkan untuk kendaraan yang belum lulus uji emisi. Pengenaan disinsentif tarif parkir pada lokasi-lokasi tersebut mengacu pada Pergub 31/2017, sehingga tarif parkir untuk kendaraan bermotor roda 4 adalah Rp. 7.500/jam.

Dan berikut adalah ketiga lokasi parkir yang melakukan uji coba tersebut

  • Irti Monas ( Jakarta Pusat)
  • Kawasan Blok M ( Jakarta Selatan)
  • Kantor samsat Jakbar (Jakarta Barat)
  • Jangan Kaget, Tarif Parkir di Lokasi Ini Lebih Mahal

Tak hanya itu, akan ada beberapa lokasi  tambahan lain yang sedang dikembangkan (on going) untuk uji coba disinsentif tarif parkir meliputi:

  • Kawasan Pasar Mayestik (Jakarta Selatan)
  • Plaza Intercon (Jakarta Barat)
  • Park and Ride Kalideres (Jakarta Barat)

Tentunya kebijakan tersebut mendapat beragam respon dari masyarakat yang disampaikan pada kolom komentar Instagram @dishubdkijakarta. Dalam komentar tersebut, banyak yang menyangsikan komitmen pemerintah DKI Jakarta dalam mengajak masyarakat agar menggunakan angkutan umum. Hal ini karena lokasi parkiran tersebut sering digunakan oleh masyarakat yang berpindah moda transportasi dari kendaraan pribadi menjadi TransJakarta.

Sebelumnya diberitakan bahwa ada wacana dari Pemerintah DKI Jakarta untuk merevisi tarif parkir Ibu Kota. Dalam revisi tersebut, mobil golongan A nantinya harus membayar parkir per jam antara Rp5.000 (batas bawah) sampai Rp60 ribu (batas atas). Sementara mobil golongan B mulai Rp5.000 (batas bawah) hingga Rp40 ribu per jam (batas atas).

Tak hanya itu, pengubahan tarif parkir sepeda motor juga diusulkan untuk ditingkatkan. Untuk golongan A, biayanya mulai Rp2.000 (batas bawah) sampai Rp18 ribu per jam (batas atas). Sementara, batas bawah dan atas motor golongan B Rp2.000 serta Rp12 ribu.

“Penyesuaian angka tarif tertentu yang beredar di masyarakat masih merupakan usulan batas atas untuk revisi Pergub 31/2017, khususnya tarif Onstreet yg berada dalam radius koridor Angkutan Umum Massal," kata Kepala Unit Pengelola Perparkiran (UPP) Dishub DKI Jakarta Adji Kusambarto. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar