Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ini Catatan Menarik Pada F1 Spanyol 2016

Berita Otomotif

Ini Catatan Menarik Pada F1 Spanyol 2016

BARCELONA – Max Verstappen, pembalap Red Bull Racing, berhasil menorehkan prestasi dengan memenangkan F1 Spanyol 2016. Namun, ternyata banyak torehan rekor baru di F1 Spanyol 2016:

Apa saja? Berikut catatannya.

  1. Max Verstappen menjadi pembalap termuda yang pernah memenangkan seri Formula1 dengan usia 18 tahun dan 228 hari. Pembalap asal Belanda ini 2 tahun dan 210 hari lebih muda dari pemegang titel sebelumnya, Sebastian Vettel.
  2. Verstappen merupakan pembalap termuda sekaligus peraih podium termuda dalam F1. Rekor tersebut menambah rekornya sebagai peraih nilai termuda dalam F1 dan pembalap termuda yang pernah start di F1 pada musim lalu.
  3. Verstappen adalah pembalap asal Belanda pertama yang pernah menang pada balap F1. Ia juga merupakan pembalap Belanda kedua yang pernah naik podium. Pembalap Belanda pertama yang masuk podium adalah ayahnya, Jos pada tahun 1994 silam.
  4. Verstappen adalah pembalap pertama yang menjadi pemenang pada debutnya dengan tim baru sejak tahun 2010. Fernando Alonso pernah melakukan hal yang sama pada tahun 2010 lalu bersama Ferrari.
  5. Verstappen menjadi pembalap pertama dari Red Bull yang berhasil menjadi pemenang pada seri F1 setelah ditinggal oleh Sebastian Vettel.
  6. Kemenangan Verstappen menjadikan seri Spanyol 2016 memiliki 10 juara yang berbeda dalam 10 tahun terakhir.
  7. Ini ini pertama kalinya dalam musim ini, Ferrari berhasil membuat kedua pembalapnya naik podium.
  8. Meski kehilangan gelarnya sebagai ‘pembalap termuda yang memenangkan pertandingan’ namun Sebastian Vettel masih pemegang rekor sebagai pembalap dengan kemenangan berturut-turut terbanyak (9 kali). Nico Rosberg dari Mercedes hanya menorehkan 7 kali kemenangan berturut-turut.
  9. Ini adalah pertama kalinya kedua pembalap Mercedes gagal finish sejak tahun 2011 pada seri di Australia lalu.
  10. Ini pertama kalinya Rosberg harus out dari balapan sejak seri Rusia pada musim lalu.
  11. Ini merupakan pertama kalinya tim Mercedes pulang tanpa 1 poinpun sejak tahun 2012 di Amerika.
  12. Dengan kegagalan Mercedes menjadikan Williams sebagai satu-satunya tim yang selalu pulang dengan poin dari kedua pembalapnya di musim ini.
  13. Selain Verstappen, Carlos Sainz juga berhasil mencatatkan hasil terbaiknya sepanjang karirnya di Spanyol. Ia berhasil finish pada urutan ke-6.
  14. Ini merupakan ketiga kalinya Rio Haryanto berhasil finish di Formula1 2016.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang