Ini Cara Toyota ‘Siksa’ Sienna

Berita Otomotif

Ini Cara Toyota ‘Siksa’ Sienna

TORRANCE – Setiap pabrikan mobil punya banyak cara untuk menguji kendaraan-kendaraan mereka. Toyota Amerika misalnya, mereka ‘menyiksa’ Toyota Sienna di One Lap of America 2016.

Sebuah Toyota Sienna SE lansiran 2015 dimodifikasi guna berpartisipasi pada gelaran balap bersejarah di negara Paman Sam tersebut. R Tuned dipercaya untuk memodifikasi minivan Sienna.

R Tuned mempertahankan mesin bawaan pabrik 3.5 liter V6, dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan. Namun, R Tuned tidak membiarkan bagian dapur pacu Toyota Sienna dalam kondisi standar.

Artikel bersambung dibawah

Perpaduan cold air intake dan dan exhaust sistem berdiameter 3”, disebut-sebut meningkatkan peforma mobil sebesar 40 hp. Terlebih mobil ini telah mengalami pengurangan bobot sekitar 300 kilogram. Hal tersebut membuat power to weight ratio kendaraan ini mirip dengan Ford Focus ST.

Rumah modifikasi asal Inggris ini bekerja keras pada sistem suspensi Toyota Sienna. Hasilnya, bagian chassis kini lebih kaku berkat pemasangan roll cage. Penggunaan roda Enkei 18” bersanding dengan ban berbahan karet agresif.

Hasilnya, Toyota Sienna garapan R Tuned ini berhasil menjuarai kelas Truck/SUV, di One Lap Amerika 2016. Secara keseluruhan, Toyota Sienna menempati posisi ke-21 di belakang Nissan GT-R, Mitsubishi Lance Evo, Chevrolet Corvettes dan BMW M-car.

Gelaran One Lap of America sebuah evolusi yang terinspirasi dari Cannonball Run. Namun segi positifnya adalah acara ini dilakukan secara legal. Mobil ini mengarungi Inggris dari Amerika untuk merasakan berbagai kondisi trek.

Selain itu, Toyota Sienna juga diajak untuk beraksi di drag race. Untuk mengikuti One Lap of Amerika 2016 tersebut, Toyota Sienna telah menempuh jarak sekitar 2506 kilometer. [Dew/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support