Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Begini Cara Sederhana Kembalikan Elastisitas Karet Wiper Mobil

Panduan Pembeli

Begini Cara Sederhana Kembalikan Elastisitas Karet Wiper Mobil

JAKARTA – Kondisi cuaca saat ini tidak menentu, kadang hujan kadang panas oleh terik matahari menuntut pemilik mobil harus rajin melakukan perawatan kendaraan, salah satunya adalah merawat karet wiper.

Hal ini penting, karena karet wiper berfungsi untuk menyeka air saat berkendara dalam kondisi hujan. Sehingga dapat meningkatkan jarak pandang pengemudi.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang abai terhadap wiper, sehingga kondisinya malah rusak saat hendak digunakan.

Kerusakan pada karet wiper sebenarnya merupakan hal yang sangat lumrah, karena fitur ini baru dimaksimalkan penggunaannya hanya saat hujan.

Penyebab kerusakan cukup beragam mulai dari faktor usia, cuaca hingga kelalaian pemilik kendaraan.

Wiper

Karet wiper yang rusak ditandai dengan warnanya lebih usang dan sedikit mengkilap. Selain itu saat ditekan terasa keras atau kendur. Jika kondisi karet wiper seperti itu, sebaiknya lakukan penggantian dengan yang baru.

Lantas bagaimana bila kondisi karet wiper ternyata sudah sedikit getas dan tak lagi elastis, tapi belum sempat ke bengkel untuk menggantinya dengan yang baru? Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda dilakukan. Namun, ini sifatnya hanya sementara saja, sebelum melakukan penggantian.

Wiper

Cara pertama untuk mengembalikan kelenturan karet wiper mobil adalah dengan mengoleskan minyak zaitun atau minyak bayi. Hal ini karena salah satu bahan pembuat dari karet wiper adalah minyak. Sehingga bila diolesi minyak diharapkan bisa mengembalikan elestisitasnya.

Namun, bila ada kotoran yang menempel baik di karet maupun kaca, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu baru oleskan minyak secara merata.

Cara lain adalah dengan menggunakan air cuka putih. Perlu diketahui bahwa cuka yang digunakan haruslah cuka khusus tanpa campuran.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan bila menggunakan cara ini.

Langkah pertama adalah melepas wiper kemudian rendam dengan air cuka beberapa saat, kemudian gosok perlahan dengan spons. Pastikan untuk menggosok wiper dengan gerakan searah dan lakukan berulang.

Bila ternyata masih keras, maka coba rendam dan ulangi lagi langkah-langkah tersebut. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang