Cara Sederhana untuk Menghindari Mabuk karena AC Mobil

Panduan Pembeli

Cara Sederhana untuk Menghindari Mabuk karena AC Mobil

JAKARTA – Air Conditioner (AC) merupakan salah satu fitur untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, sehingga penghuni kabin mobil tidak merasa kepanasan.

Tapi ada beberapa orang yang tidak kuat dengan semburan AC dalam waktu lama. Alasannya, karena bisa membuat mual dan pusing, bahkan mabuk saat melakukan perjalanan. Tentunya kondisi ini akan sangat menyiksa.

Mabuk perjalanan akan sangat mengganggu, terlebih saat berkendara jarak jauh. Selain membuat penderita menjadi lemas, perjalanan akan menjadi lebih lama dari yang seharusnya.

AC Mobil

Kondisi tersebut sebenarnya masih bisa diatasi dengam beberapa cara. Salah satunya adalah memberikan sirkulasi udara yang baik dan tidak mengarahkan semburan AC langsung ke wajah.

Bisa juga dengan mematikan AC dan membuka kaca mobil agar udara di dalam kabin dapat berganti.

Selain itu, sesuaikan posisi duduk supaya lebih nyaman agar meminimalisir rasa mual saat berkendara dengan mobil. Pastikan pula duduk searah dengan arah gerak mobil yaitu duduk menghadap ke depan.

Hindari pula pengerakan kepala yang mendadak seperti menengok, hingga duduk dengan cepat. Kondisi ini dapat membuat rasa mual jauh lebih cepat.

AC Mobil

Cara paling mudah tentunya meminum obat anti mabuk. Obat ini sangat mudah ditemukan di toko obat dan harganya pun terjangkau. Namun pastikan untuk memperhatikan dosis obat yang dapat dikonsumsi dan pengemudi dilarang keras untuk mengkonsumsinya.

Solusi berikutnya adalah dengan menggunakan minyak angin, bisa dengan dihirup maupun dioleskan ke tubuh. Rasa hangat yang ditimbulkan bisa mengurangi rasa mual dan dampak buruk dari mabuk.

Kemudian cara lain untuk menghidari mabuk perjalanan karena semburan AC adalah dengan makan tepat waktu. Dengan begitu maka daya tahan tubuh akan menjadi lebih baik, sehingga bisa menghindari rasa mual saat melakukan perjalanan.

Disarankan juga kepada pemilik kendaraan untuk rutin membersihkan interior dan AC mobil. Dengan kabin dan AC yang bersih maka risiko mengalami mabuk perjalanan akan menjadi jauh lebih berkurang bila dibandingkan dengan kondisi kotor. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar