Ini Cara Pilih Perusahaan Asuransi yang Aman

Berita Otomotif

Ini Cara Pilih Perusahaan Asuransi yang Aman

JAKARTA - Memilih perusahaan asuransi kendaraan tentu tidaklah mudah. Perlu ketelitian agar mudah di saat kita membutuhkannya. Di Indonesia ada beberapa poin penting dalam memilih asuransi kendaraan menurut Laurentius Iwan Pranoto, Communication and Event Manager PT Asuransi Astra Buana. Berikut tips memilih perusahaan asuransi yang pas:

1.  Lihat Laporan Keuangan

“Perusahaan asuransi adalah perusahaan yang akan mengganti kerugian atas aset yang dimiliki. Kita harus melihat keuangan asuransi tersebut sehat atau tidak. Jangan sampai saat kita membutuhkan asuransi tersebut, ternyata perusahaannya tidak memiliki dana,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan bahwa untuk melihat laporan keuangan perusahaan bisa dilihat di beberapa media dan juga di website perusahaan “Laporan keuangan biasanya diumumkan setahun sekali.”

2. Lokasi Kantor Cabang

Selain itu, perusahaan asuransi yang dipilih juga sebaiknya memiliki beberapa cabang yang tersebar khususnya di kota-kota yang mungkin dituju “Misal kita tinggal di Jakarta dan sering ke kota lain seperti Semarang. Apakah di Semarang itu ada kantor cabangnya atau tidak. Ini adalah untuk kemudahan peserta asuransi itu sendiri untuk melakukan klaim di kota yang berbeda,” tambahnya

3. Jumlah Bengkel Yang Bekerjasama

Jumlah bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi pun ia sebut harus diperhatikan “Ada beberapa perusahaan asuransi yang kerjasama dengan bengkel itu sedikit. Itu malah nanti menyulitkan saat kita ingin melakukan klaim,” ungkap Iwan.

Ia juga menambahkan bahwa tidak ada salahnya untuk bertanya kepada bengkel yang menjadi langganan pemilik mobil “Tanyakan mereka, apa asuransi yang ada di bengkelnya. Dengan demikian jika akan klaim, bisa langsung ke bengkel tersebut.”

4. Kualitas Bengkel

Kualitas bengkel yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi harusnya di periksa terlebih dahulu “Coba di cek apakah bengkel rekanan memiliki jaminan spare part asli dan memiliki garansi. Ini menentukan kualitas pengerjaan kendaraan.”

5. Pengalaman Klaim

Pengalaman klaim juga menjadi perhatian. Biasakan untuk bertanya kepada kerabat terlebih dahulu sebelum memutuskan perusahaan asuransi yang dipilih “Bisa juga ditanyakan kepada bengkel. Biasanya mereka akan menyarankan bengkel yang simple dan baik untuk klaim.”

6. Call Center

Selain kantor cabang, perusahaan asuransi juga harus mudah dihubungi “Tidak sedikit perusahaan asuransi yang memiliki call center tidak 24 jam. Bahkan di beberapa daerah, ada perusahaan asuransi yang tidak memiliki call center sama sekali. Padahal jika terjadi apa-apa, pasti yang paling mudah adalah menelepon call center. Ini setidaknya akan memberikan  keteangaan kepada peserta asuransi.

7. Layanan Darurat

Adanya layanan darurat tentu memberikan kenyamaman lebih kepada para peserta asuransi “Coba dilihat apakah perusahaan tersebut memiliki layanan darurat 24 jam atau bahkan ambulance. Memang masih sedikit perusahaan asuransi yang memiliki fasilitas ini, namun ini merupakan nilai tambah yang patut diperhitungkan.

8. Award

“Bukan berarti perusahaan asuransi jelek kalau tidak memiliki award. Banyak perusahaan asuransi bagus tapi tidak memiliki award. Namun dengan adanya award, maka itu artinya perusahaan asuransi tersebut memiliki nilai tambah khususnya dalam hal kepercayaan.” pungkasnya. [Adi/Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual