Ini Cara Bedakan STNK Asli dan Palsu

Panduan Pembeli

Ini Cara Bedakan STNK Asli dan Palsu

JAKARTA – Banyaknya mobil curian menjadikan calon pembeli mobil bekas harus semakin berhati-hati. Pasalnya, sekali membeli mobil bekas curian bisa berbuntut panjang.

Okhe, pemilik delaer mobil bekas Geraldi Auto, bahkan mengaku bahwa penipuan surat-surat kendaraan sudah menjadi penipuan paling marak saat ini.

“Kalau mobil dengan surat-surat palsu itu sudah banyak ditemui. Untuk itu, para calon pembeli harus lebih berhati-hati,” ungkapnya.

Namun, meski surat-surat tersebut sangat mirip dengan yang asli, tetap saja ada yang bisa dilakukan calon pembeli agar tidak tertipu:

1. Bawa mobil beserta surat-suratnya ke Samsat untuk diperiksa.
“Untuk itu jangan melakukan transaksi di malam hari atau di hari libur, agar bisa langsung diperiksa di Samsat,” ungkapnya.

Di Samsat, terdapat alat-alat yang bisa membedakan STNK palsu atau yang asli. Alat terssebut adalah x-ray yang bisa memperlihatkan pengamanan berupa hologram dan garis air yang terdapat pada STNK. Garis air pada STNK asli berupa jahitan, sementara yang palsu berupa hasil cetakan.

Selain itu, dengan memeriksa di Samsat, maka nomor rangka dan mesin kendaraan dapat langsung diperiksa apakah sesuai dengan yang ada STNK atau tidak. Bila tidak sesuai, maka pihak kepolisian akan menindak lanjuti temuan tersebut.

2. Cara lain adalah dengan memeriksa STNK dengan air.
STNK asli meski terkena air tidak akan pudar warnanya. Sementara STNK asli akan luntur bila terkena air. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual