Ini Cara Agar Anda Nyaman Melakukan Kredit

Berita Otomotif

Ini Cara Agar Anda Nyaman Melakukan Kredit

JAKARTA - PT Federal International Finance (FIF) memberikan simulasi batasan jumlah pembayaran kredit agar Anda dapat mengatur pengeluaran dengan tepat. 

Untuk melakukan kredit kendaraan bermotor, seseorang harus mempertimbangan beragam hal. Mulai dari jumlah penghasilan, jumlah pengeluaran, jumlah cicilan yang akan diambil serta tenor  atau waktu pembayaran kredit.

Lantas, berapakah cicilan optimal yang bisa diambil oleh konsumen? Head of Corporate Communication FIFGroup Arif Reza Fahlepi pun menjelaskan kepada awak media bahwa cicilan optimal seseorang perbulannya adalah 1/3 dari jumlah pendapatan atau gaji.

“Standarnya itu harus 1/3 dari gaji atau total penghasilan. Itu yang standard minimal dari kami (FIFGroup). Misalkan gaji Rp 5 juta, itu artinya 1/3 nya bisa digunakan untuk kredit kendaraan atau lainnya,” ungkapnya.

Meski terdengar sederhana, namun hitung-hitungan tersebut tidak sepenuhnya mudah. Hal ini karena konsumen harus menghitung jumlah pengeluran mereka per bulannya agar tidak mengganggu jalannya rumah tangga. Maka dari itu, FIF biasanya akan memperhatikan jumlah DP dan tenor yang diambil.

“Kalau pendapatan kita Rp 5 juta, jangan kita tenor satu tahun. Itu tidak logis dan bahkan jadi beban buat kita. Jadi kita lembali lagi selain 1/3 income, kita lihat DP dan tenor yang akan kita ambil. Jangan pikir hanya mau ambil 12 bulan biar cepet. Tapi begitu baru berapa bulan sudah batuk-batuk (terlambat bayar),” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ia pun menjelaskan bahwa pihaknya sering kali memberi saran kepada pelanggannya terkait DP, cicilan dan tenor kredit. Bila dirasa konsumen bisa membayar DP lebih tinggi, maka konsumen akan ditawarkan opsi DP lebih besar. Namun bila konsumen dirasa lebih baik mengambil tenor lebih lama, maka opsi tersebut akan ditawarkan.

“Kami perusahaan pembiayaan ini tidak mau membebani konsumen. Kami ingin menjadi solusi pembiayaan. Sehingga costumer itu bisa bayar angsuran tanpa membebani si costumer tersebut sehingga lancar,” pungkasnya.

Saat ini FIFGroup memiliki beberapa perusahaan pembiayaan. Namun saat ini yang menjadi tulang punggung adalah FIFAstra. FIFAstra merupakan perusahaan pembiayaan yang berfokus pada pembiayaan sepeda motor Honda baik dalam kondisi baru maupun bekas. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support