Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Perbedaan Yamaha Gear S Version dan Standard Version

Berita Otomotif

Perbedaan Yamaha Gear S Version dan Standard Version

Yamaha Gear varian S Version dan Standard Version memiliki beberapa perbedaan, terutama pada tampilan dan fitur-fiturnya.

Yamaha Gear pertama kali meluncur pada akhir 2020, lebih tepatnya pada 25 November 2020.

Disebut sebagai “Matic Multiguna”, Yamaha Gear merupakan produk sepeda motor ketiga yang diluncurkan pada tahun tersebut, setelah All New Aerox 155 Connected dan All New Nmax 155 Connected Standard Upgrade.

Saat peluncuran, Yamaha Gear tersedia dalam dua tipe, S Version dan Standard Version. Kedua tipe memiliki perbedaaan di beberapa sektor, meskipun tidak banyak. Utamanya, perbedaan antar kedua tipe berada di tampilan dan fitur.

Nah, sebelum membahas lebih jauh letak perbedaan dari kedua tipe, simak dahulu spesifikasi umum dari Yamaha Gear.

Tampilan

Yamaha Gear mempunyai dimensi panjang 1.870 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.060 mm. Untuk jarak antar poros roda sepanjang 1.260 mm, sementara jarak terendah dengan tanah setinggi 135 mm dan jok Yamaha Gear memiliki tinggi 750 mm.

Sebagai “matic multiguna” yang ditargetkan untuk kalangan muda dengan gaya hidup yang aktif, Yamaha Gear memiliki desain yang sporty dan tangguh.

Head lamp yang dipasang pada Yamaha Gear berupa lampu LED. Lampu hazard juga disematkan untuk memberi tanda dalam situasi darurat. Untuk lampu belakangnya masih menggunakan halogen.

Mesin

Jantung pacu yang disematkan pada Yamaha Gear berupa mesin Blue Core 125 cc, 1-silinder 4-langkah, SOHC, lengkap dengan teknologi Smart Motor Generator (SMG). Teknologi ini memungkinkan suara mesin lebih halus ketika berkendara.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,38 hp pada putaran 8.000 rpm dan torsi maksimum 9,5 Nm per 5.500 rpm.

Tangki bahan bakar untuk menampung bensin memiliki kapasitas 4,2 liter. Bensin disalurkan ke mesin menggunakan sistem Fuel Injection (FI).

Kaki-kaki

Yamaha Gear dibekali ban tubeless dengan tapak yang lebar. Ban depannya berukuran 80/80 sedangkan ban belakang memiliki ukuran 100/70. Pelek yang digunakan berdiameter 14 inci.

Kemudian suspensi Yamaha Gear menggunakan teleskopik di roda depan dan Unit Swing di roda belakang.

Gabungan ban dan suspensi ini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman pada saat bermanuver.

Untuk sistem pengeremannya sendiri ada dua jenis, yakni rem cakram pada roda depan dan rem tromol di roda belakang.

Fitur

Yamaha Gear memiliki beberapa fitur yang dapat menunjang gaya hidup aktif. Ada Fitur Electric Power Socket di rak sebelah kanan motor sebagai sumber listrik untuk mengecas gawai pengendara.

Agar gawai bisa disimpan sambil diisi daya baterainya, Yamaha juga menyediakan aksesori rak depan kapasitas besar lengkap dengan penutup. Dengan begitu, pengecasan smartphone atau menyimpan barang menjadi lebih aman.

Selain rak depan, terdapat juga hook ganda untuk sebagai tempat cantolan tas dan sejenisnya, sehingga membawa muatan yang banyak dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Agar berkendara lebih nyaman ketika membawa banyak barang di tengah, Yamaha juga menyediakan aksesori pijakan kaki untuk pengendara. Posisi kaki menjadi lebih leluasa ketika berkendara membawa muatan banyak.

Pijakan kaki untuk penumpang anak kecil juga tersemat pada Yamaha Gear. Kaki penumpang anak-anak tidak lagi bergelayut ketika berboncengan mengendarai motor.

Fitur Side Stand Switch membuat mesin Yamaha Gear tidak bisa menyala ketika standar samping sedang turun. Alhasil, tidak ada lagi berkendara motor dengan kondisi standar turun.

Beda Yamaha Gear S Version VS Standard Version

Setelah mengetahui spesifikasi umum dari Yamaha Gear, perlu diketahui apa saja yang berbeda dari kedua tipenya.

Desain dan Warna

Perbedaan pertama yang terlihat ada di desain bodinya. Pada Gear tipe Standard, memiliki corak garis kontras dengan warna bodi. Sementara itu pada varian S, aksen garis dikombinasikan dengan emboss tulisan bercorak emas.

Pembeda kedua adalah pilihan warnanya. Yamaha Gear tipe Standard tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Metallic Cyan, Metallic White, Metallic Red, Matte Olive, dan Metallic Black. Sedangkan untuk tipe S hanya ada dua pilihan warna yaitu Prestige Silver dan Matte Red.

Fitur

Selain dari segi tampilan, kedua tipe juga memiliki perbedaan pada fitur.

Fitur pertama adalah Stop & Start System yang hanya tersedia di tipe S. Melalui fitur ini mesin motor dapat mati secara otomatis ketika motor berhenti lebih dari lima detik dan menyala lagi saat tuas gas diputar.

Satu fitur lagi yang menjadi diferensiasi Yamaha Gear tipe S dari Standard yaitu Answer Back System. Fitur ini akan sangat membantu pengendara untuk menemukan motornya di parkiran yang luas dan padat. Cukup dengan menekan tombol pada remote satu kali, dan motor akan berbunyi serta lampu sein berkedip.

Oleh karena tambahan fitur-fitur tersebut, harga S Version tentunya juga lebih mahal daripada varian Standard.

Perbedaan Teknis

Selain yang disebutkan di atas, diferensiasi lain antara Yamaha Gear S Version dan Standard Version lebih ke arah teknis. Sebagai contoh, bobot S Version lebih berat 1 kg (96 kg) daripada Standard Version (95 kg).

Aki yang digunakan juga berbeda. Varian Standard menggunakan aki YTZ4V/GTZ4V/NTZ4V, sedangkan pada varian S baterainya hanya YTZ6V.

Spesifikasi Yamaha Gear

Dimensi

 

S Version

Standard Version

Panjang

1.870 mm

Lebar

685 mm

Tinggi

1.060 mm

Jarak poros roda

1.260 mm

Ground clearance

135 mm

Tinggi tempat duduk

750 mm

Berat isi

96 kg

95 kg

Kapasitas tangki bensin

4,2 L

Mesin

 

S Version

Standard Version

Tipe mesin

4-stroke, SOHC

Jumlah/posisi silinder

1-silinder

Diameter x langkah

52,4 mm x 57,9 mm

Volume silinder

124,96 cc

Perbandingan kompresi

9,5 : 1

Tenaga maksimum

9,38 hp per 8.000 rpm

Torsi maksimum

9,5 Nm per 5.500 rpm

Sistem starter

Electric & kick starter

Sistem pelumasan

Wet slump

Kapasitas oli mesin

Total 0,84 L; berkala 0,8 L

Sistem bahan bakar

Fuel injection

Tipe kopling

Single dry clutch

Tipe transmisi

Full Automatic

Kaki-kaki

 

S Version

Standard Version

Tipe rangka

Underbone

Suspensi depan

Telescopik

Suspensi belakang

Unit swing

Ban depan

80/80-14M/C (43P)

Ban belakang

100/70-14M/C (51P)

Tipe ban

Tubeless

Rem depan

Disc brake

Rem belakang

Drum brake

Kelisrtrikan

 

S Version

Standard Version

Sistem Pengapian

TCI

Baterai

YTZ6V (12 V 5,3 Ah 20 hr)

YTZ4V, GTZ4V, NTZ4V (12 V 3,2 Ah 20 hr)

Tipe Busi

NGK/CR6HSA

Fitur-fitur

  • Mesin Blue Core 125 cc
  • Smart Motor Generator (SMG)
  • Electric Power Socket
  • Aksesoris Rak Depan*
  • LED Head Light
  • Hazard Lamp
  • Double Hook
  • Aksesoris Pijakan Kaki Depan*
  • Ban Tubeless
  • Side Stand Switch
  • Smart Lock
  • Aplikasi My Yamaha
  • Stop and Start System**
  • Answer Back System**

*Aksesoris dijual terpisah

**Fitur hanya ada di tipe S Version

Harga Yamaha Gear

Masing-masing tipe Yamaha Gear ditawarkan dengan harga yang berbeda. Harga tipe S Version lebih tinggi karena mendapat tambahan fitur canggih.

Di bawah ini harga on the road (OTR) Jakarta untuk kedua tipe Yamaha Gear per November 2022.

  • Gear 125 Standar Version Rp17,735 juta
  • Gear 125 S Version Rp18,45 juta

Simulasi Kredit Yamaha Gear

Pembelian Yamaha Gear di seluruh diler resmi Yamaha bisa dilakukan secara tunai maupun kredit. Bagi yang membeli motor ini menggunakan metode kredit, sebaiknya ketahui dahulu simulasi kreditnya agar bisa mempersiapkan bujet yang akan dikeluarkan.

Berikut adalah contoh simulasi kredit untuk pembelian Yamaha Gear terbaru tipe terendah dengan down payment (DP) sebesar 10/15/20/25/30 persen, dan tenor dari 12 bulan hingga 36 bulan.

DP

Tenor 12 bulan

Tenor 24 bulan

Tenor 36 bulan

Rp1,773 juta

Rp1,636 juta

Rp977 ribu

Rp768 ribu

Rp2,660 juta

Rp1,545 juta

Rp923 ribu

Rp726 ribu

Rp3,547 juta

Rp1,454 juta

Rp869 ribu

Rp683 ribu

Rp4,433 juta

Rp1,363 juta

Rp814 ribu

Rp640 ribu

Rp5,320 juta

Rp1,273 juta

Rp760 ribu

Rp598 ribu

Perhitungan simulasi kredit Yamaha Gear di atas hanya merupakan contoh. Untuk mengetahui perhitungan sesungguhnya bisa menghubungi diler Yamaha terdekat.

Kompetitor Yamaha Gear 125

Yamaha Gear diluncurkan dengan konsep “matic multiguna” yang ditargetkan untuk kalangan anak muda. Untuk segmen anak muda atau pengendara pemula, Yamaha Gear akan bersaing dengan beberapa skutik dari merek lain di Tanah Air. Dua di antaranya adalah Honda BeAT dan Suzuki Nex II.

Honda BeAT merupakan skutik yang populer dan sering ditemukan di jalan raya. Saat ini, harga OTR Jakarta Honda BeAT mulai dari Rp17,72 juta hingga Rp18,572 juta.

Motor ini menggunakan dapur pacu kapasitas 110 cc PGM-FI, yang dapat mengyemburkan daya hingga 8,85 hp pada 7.500 rpm, serta torsi tertinggi 9,3 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

Suzuki Nex II juga merupakan kompetitor dari Yamaha Gear, meski banderolnya lebih tinggi daripada Yamaha Gear. Kisarannya mulai dari Rp18,081 juta hingga Rp18,888 juta.

Mesin yang digunakan pada Suzuki Nex II memiliki kapasitas 115 cc FI dengan teknologi Suzuki Eco Performance. Daya yang mampu diciptakan mesin ini sebesar 9,25 hp. [ABP/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang