Ini Beda Mesin, Fitur ADAS pada Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro

Berita Otomotif

Ini Beda Mesin, Fitur ADAS pada Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro

Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro merupakan dua model mobil perdana yang dijual oleh Chery sejak kembali ke pasar Indonesia. Sama-sama dilabeli SUV premium, kedua model ini tetap memiliki beberapa perbedaan.

Kedua mobil Chery ini diluncurkan pada Senin (21/11/2022). Harga yang disematkan mulai dari Rp368,5 juta untuk Tiggo 7 Pro dan Rp518,5 juta untuk Tiggo 8 Pro.

Dengan harga yang berbeda, masing-masing model punya target pasar yang berbeda.

Demikian kata Fajrul Ilhami, Deputy Director of Products PT Chery Sales Indonesia (CSI) dalam acara peluncuran Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro.

Ia menjelaskan model Tiggo 7 Pro dibuat untuk menarik konsumen-konsumen generasi muda, sedangkan Tiggo 8 Pro merupakan SUV yang lebih sesuai dengan pebisnis mapan.

“Tiggo 7 Pro adalah SUV 5 penumpang yang memadukan teknologi dan fashion, ditujukan untuk konsumen muda di perkotaan yang aktif dan bergaya hidup trendy,” terang Fajrul.

“Tiggo 8 Pro hadir untuk memenuhi kebutuhan dari businessman yang sukses dan juga menyukai tampilan yang mewah,” tambahnya.

Beda pasar yang ditargetkan untuk masing-masing model Tiggo ini bisa dibilang wajar, mengingat perbedaan harganya yang cukup signifikan. Selisih harga antar tipe tertinggi dari masing-masing model saja lebih dari Rp100 juta.

Ada beberapa hal pada mobil yang membedakan Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Aspek yang menjadi pembeda utama ada di mesin dan fitur keselamatan.

Perbedaan Mesin Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro

Dari segi dapur pacu, kedua mobil Tiggo ini mengusung tipe mesin yang berbeda. Tiggo 7 Pro mengandalkan mesin 1.5L TCI Euro 5+ yang dapat menghasilkan tenaga 155 hp dan torsi sebesar 230 Nm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT 9-percepatan.

Di lain sisi, Tiggo 8 Pro memanfaatkan mesin yang lebih besar, yakni 2.0L Turbo Charged Direct Injection (TCDI). Kapasitas mesin lebih besar artinya tenaga yang dihasilkan juga lebih kuat. Mesin tersebut diklaim mampu mengeluarkan tenaga 250 hp, sedangkan torsi maksimum 390 Nm.

Sistem penggerak roda Tiggo 8 Pro sama dengan Tiggo 7 Pro, berada di depan. Namun, transmisi yang digunakan Dual Clutch Transmission (DCT) 7-percepatan.

Perbedaan Fitur ADAS Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro

Tipe tertinggi dari Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro sama-sama dilengkapi dengan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) untuk membantu pengemudian mobil yang lebih aman.

Berikut fitur-fitur yang terdapat di ADAS:

  • Lane Departure Warning (LDW)
  • Blind-Spot Monitoring (BSD)
  • Door Open Warning (DOW)
  • Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
  • Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow
  • Front Collision Warning (FCW) with Vehicle Identification
  • Autonomous Emergency Braking (AEB)
  • 360 HD Panoramic Camera

Fitur-fitur keselamatan dan keamanan berkendara di atas disematkan pada Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro tipe tinggi. Namun, ada dua fitur ADAS yang tersedia di 8 Pro tetapi absen di 7 Pro, yaitu Intelligent High-Beam Control Headlamp (IHC) dan Traffic Sign Recognition. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar