Ini Beda ETLE Mobile dengan Statis

Berita Otomotif

Ini Beda ETLE Mobile dengan Statis

JAKARTA – Meski dinilai sebagai sebuah terobosan, tak banyak perbedaan antara sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile dengan ETLE Statis yang sudah hadir di beberapa kota di Indonesia.

Pasalnya secara fungsi, ETLE mobile tidak ada perbedaan dengan ETLE biasa. Keduanya sama-sama untuk merekam berbagai pelanggaran yang mungkin saja dilakukan para pengendara kendaraan bermotor. Perbedaan antara keduanya semata-mata hanya terletak pada posisi penempatannya.

Bila pada ETLE biasa hanya ditempatkan di titik strategis tertentu, seperti lampu lalu lintas atau persimpangan, maka pada ETLE mobile ini akan ditempatkan di seragam atau kendaraan petugas Kepolisian. Hal tersebut membuat pergerakannya akan terus berubah-ubah dari satu tempat ke tempat lainnya, mengikuti patroli yang dilakukan petugas tersebut.

“Apa itu ETLE mobile? Penindakan menggunakan kamera ETLE secara mobile yang di mana kamera itu bisa berpindah di antaranya di helm atau helm cam, dash cam atau dashboard mobil patroli dan juga body cam,” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Ini Beda ETLE Mobile dengan Statis

Meski memiliki kesamaan, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo tetap memiliki harapan yang besar terhadap ETLE Mobile. Pasalnya, dengan ETLE Mobile maka jangkauan akan menjadi jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya.

ETLE mobile yang diprakarsai oleh Ditlantas Polda Metro Jaya baru saja resmi diluncurkan pada Sabtu 20 Maret 2021. Peresmian dilakukan langsung oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran sebagai tindak lanjut sekaligus inovasi dari komitmen Kapolri Baru Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang ingin memfokuskan penindakan pelanggaran lalu lintas secara IT. Total ada 30 kamera tilang elektronik mobile yang diberlakukan oleh Polda Metro Jaya.

“Saya berharap hadirnya ETLE Mobile ini juga untuk meminimalisasi adanya oknum-oknum yang melakukan pemerasan pada proses penindakan pelanggaran lalu lintas.” tegas Kapolda Metro.

ETLE Mobile yang diluncurkan oleh Polda Metro Jaya ini sejatinya bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh pihak Kepolisian. Sebelumnya, Polres Purbalingga juga sudah melakukan hal serupa dengan memanfaatkan acticon cam dan diletakkan di atas helm. Kebijakan tersebut diharapkan bisa meningkatkan disiplin masyarakat akan berkendara.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar