Ini Baru Mobil Terbang yang Sesungguhnya

Berita Otomotif

Ini Baru Mobil Terbang yang Sesungguhnya

NITRA - Mobil terbang buatan parikan asal Slovakia ini mendekati sempurna, karena bisa digunakan di jalan raya dan juga terbang dengan baik di udara.

Baru-baru ini KleinVision melakukan test pada mobil terbang mereka yang diberinama AirCar. Tidak seperti mobil terbang yang dibuat dan diuji sebelumnya oleh pabrikan lain, AirCar memang benar-benar di desain seperti sebuah kendaraan pada umumnya, sepintas desainnya cenderung seperti sebuah mobil balap. Yang bikin orang bertanya-tanya saat melihatnya di jalan tentu pada sebuah baling-baling di bagian belakangnya.

KleinVision membawa mobil terbang ciptaan tersebut melalui jalan raya pada umumnya menuju lapangan terbang. AirCar sendiri mampu menampung 2 orang dewasa dan terlihat bergerak normal di darat.

Ini Baru Mobil Terbang yang Sesungguhnya
Seperti terlihat pada video, AirCar kemudian berhenti di sekitar ujung landas pacu. Kemudian mobil terbang ini bertransformasi secara otomatis, terlihat sayap pesawat keluar dari bodi dan kabarnya proses ini hanya membutuhkan waktu tak kurang dari 3 menit.

Selain sayap, tampak pula bagian belakang yang bisa memanjang hingga hingga kurang lebih 1 meteran. Kabarnya ini dilakukan untuk mempertinggi nilai aerodinamika yang sangat dibutuhkan saat mengudara.

Pengemudi alias sang pilot juga tampak siap-siap dengan segala perangkat keselamatannya sebelum terbang. Dan kemudian tampak desain dasbor menarik, memiliki perpaduan antara yang biasa ditemukan di mobil sport dengan kokpit atau flight deck pesawat kecil.

Banyak dari Anda kemudian membayangkan betapa menyenangkannya menggunakan AirCar di tengah padatnya jalan di Jakarta. Jika macet parah, Anda langsung mengaktifkan mode terbang kemudian sekejap dapat melewati kemacetan.

Ini Baru Mobil Terbang yang Sesungguhnya

 Tapi tentu saja tidak semudah itu, tentu ada beberapa hal sangat krusial yang harus diperhatikan saat menggunakan AirCar. Pertama, seperti yang Anda lihat, mobil ini butuh ancang-ancang cukup panjang sebelum mengudara. Proses ini tentu bukan hal praktis, karena selain butuh jalanan lurus panjang, Anda juga butuh jalan yang lebar karena posisi sayapnya.

Kedua, tentu pengemudi harus memiliki sebuah surat ijin terbang. Karena biar bagaimana pun AirCar memang bergerak seperti sebuah pesawat ringan.

Namun demikian, AirCar boleh dibilang punya desain dan kemampuan lebih baik dibandingkan dengan mobil-mobil terbang yang sebelumnya diberitakan. Seperti contohnya milik perusahaan Jepang SkyDrive bernama Manned Machine SD-03. Sebenarnya dari bentuknya tidak layak disebut mobil karena memang tampilannya seperti sebuah pesawat kecil. Mobil ini hanya bisa melayang berkat delapan baling-baling plus delapan motor penggerak listrik.

Akhirnya, sampai berita ini dibuat, KleinVision belum menyebutkan rencana selanjutnya pada AirCar. Seperti apakah akan mulai diproduksi dan dijual secara umum berikut dengan berapa harga jualnya. Jadi tunggu saja kabar berikutnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar