Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ini Bahaya Gas NOx Bagi Umat Manusia

Panduan Pembeli

Ini Bahaya Gas NOx Bagi Umat Manusia

JAKARTA – Saat ini dunia sedang menyoroti skandal VW Group di Amerika Serikat. Sekitar 5 juta mobil Volkswagen tidak memenuhi persyaratan emisi gas buang di AS.

NOx yang dihasilkan oleh mobil-mobil diesel 4-silinder VW Group disebut sudah di atas ambang batas saat diuji oleh EPA, sementara pabrikan mengklaim memenuhi syarat (baca: Ini Daftar Mobil VW Group yang Melanggar Hukum).

Apa itu NOx? NOx adalah istilah generik untuk mono - nitrogen oxide NO dan NO2 (Nitric Oxide dan Nitrogen Dioxide). NOx diproduksi dari hasil reaksi gas nitrogen dan oksigen di udara selama pembakaran, terutama pada temperatur tinggi.

Gas NOx terbentuk di semua tempat yang terdapat pembakaran -- contohnya di dalam mesin. Dalam kimia atmosfer, sebutan NOx artinya adalah total konsentrasi dari NO dan NO2. NOx bereaksi membentuk pencemaran udara dan hujan asam.

Kedua bentuk nitrogen oksida, NO dan NO2, sangat berbahaya bagi umat manusia. Namun, penelitian aktivitas mortalitas kedua komponen tersebut menunjukkan bahwa NO2 empat kali lebih berbahaya dibanding NO. 

NO2 merupakan gas beracun  bagi manusia dan pada  umumnya gas ini dapat menimbulkan gangguan sistem pernapasan. NO2 dapat masuk ke paru-paru dan membentuk Asam Nitrit (HNO2) dan Asam Nitrat  (HNO3)  yang  merusak  jaringan mukosa. NO2 dapat meracuni paru-paru. Jika terpapar NO2 pada kadar 5 ppm setelah 5 menit dapat menimbulkan sesak nafas dan pada kadar 100 ppm dapat  menimbulkan kematian.

Gangguan sistem pernapasan yang terjadi dapat menjadi empisema. Bila kondisinya kronis dapat berpotensi menjadi bronkitis serta akan terjadi penimbunan nitrogen oksida (NOx) dan dapat menjadi sumber karsinogenik atau penyebab timbulnya kanker. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang