Inspirasi Modifikasi Honda Vario yang Bisa Dicoba

Panduan Pembeli

Inspirasi Modifikasi Honda Vario yang Bisa Dicoba

Tak sedikit pemilik Honda Vario melakukan modifikasi, tujuannya untuk membuat tampilan motor beda dari yang lain. Ada juga yang beralasan karena sudah bosan dengan tampang orisinal bawaan pabrik, sehingga memilih untuk modifikasinya.

Saat ini ada beragam konsep modifikasi yang bisa di terapkan ke Honda Vario. Oleh karena itu, tentukan dahulu konsep modifiksinya, termasuk mempersiapkan bujet agar modifikasi tidak terkesan tanggung. 

Hal ini penting supaya modifikasi bisa maksimal tanpa membuat orang justru merasa aneh saat melihat hasil akhirnya. 

Modifikasi Honda Vario

Bagi pemilk Honda Vario yang memang ingin melakukan ubahan secara bertahap atau sedikit-sedikit, sebaiknya lakukan perombakan pada beberapa komponen yang penting terlebih dahulu.

Honda Vario

Berikut adalah beberapa komponen pada Honda Vario yang bisa menjadi sasaran modifikasi

 

Body

Paling sederhana adalah mengubah tampilan luar atau body dari Honda Vario.

Tidak bisa dipungkiri bahwa desain standar Honda Vario sebenarnya terbilang apik, tapi buat mereka yang ingin tampil beda maka ubahan body harus segera dilakukan.

Modifikasi sederhana yang bisa diterapkan ke body Honda Vario adalah dengan mengubah stripping atau stiker yang menempel pada sekujur tubuh Honda Vario. Hal ini bahkan bisa dilakukan hanya dengan mendatangi toko cutting sticker.

Hal serupa juga bisa dilakukan dengan melakukan pengecatan ulang pada body kendaraan sesuai dengan keinginan. Tentunya ini akan membutuhkan dana lebih besar, tapi hasil yang didapat tentu lebih maksimal.

Ubahan body seperti itu akan mempertahankan bentuk asli dari body Honda Vario. Namun, apabila ingin melakukan ubahan lebih, Anda bisa menambahkan aksesori, mulai dari mengganti kaca spion hingga menambahkan windshield di bagian depan.

Kaki-kaki Honda Vario

Untuk memodifikasi kaki-kaki Honda Vario terbilang cukup lebih sulit ketimbang body, karena harus dilakukan di bengkel-bengkel tertentu. Tak hanya itu, mengubah kaki-kaki juga harus menyesuaikan konsep awal yang sudah direncanakan.

Honda Vario

Selain itu, kaki-kaki juga berdampak pada kenyamanan dan keselamatan berkendara. Modifikator harus melakukan penghitungan agar ubahan yang dilakukan memang bisa meningkatkan perfoma dari kendaraan.

Paling sederhana adalah mengganti velg dengan desain dan tampilan baru. Pemilik motor juga bisa mengubah jenis serta ukuran ban agar sesuai dengan konsep awal, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik.

Modifikasi Mesin

Umumnya mesin Honda Vario memiliki perfoma mumpuni. Namun bukan berarti mesin Honda Vario tidak bisa ditingkatkan perfomanya.

Ada banyak cara untuk meningkatkan perfoma mesin Honda Vario agar menjadi lebih ganas dibandingkan dengan standar. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah dengan mengganti piston pada mesin motor dan disesuaikan kembali kompresinya.

Piston yang digunakan biasanya memiliki dome lebih tinggi agar rasio kompresi mesin ikut meningkat.

Selain itu, ECU juga disesuaikan agar bisa membuat bensin serta udara di ruang pembakaran lebih maksimal.

Modifikasi Rem

Mengganti rem cakram juga menjadi salah satu pilihan modifikasi yang umum dilakukan oleh pemilik Honda Vario. Ukuran cakram lebih besar biasanya memberikan kesan sporty serta perfoma pengereman yang lebih baik.

Tak hanya itu, belakangan juga ada beberapa cakram yang mendapatkan desain-desain tertentu untuk memberikan tampilan lebih apik pada kendaraan. Tentunya semua harus dilakukan dengan pertimbangan matang, karena pengereman adalah sesuatu yang sangat vital pada kendaraan.

Honda Vario

Suspensi

Ubahan pada suspensi juga sering kali dilakukan oleh pemilik Honda Vario. Alasannya sudah jelas adalah untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, khususnya bagi mereka yang menggunakan Honda Vario sebagai kendaraan sehari-hari.

Ada banyak pilihan suspensi Honda Vario yang bisa diperoleh dan bisa didapatkan dengan mudah diberbagai bengkel. Namun kembali lagi sebaiknya disesuaikan dengan konsep modifikasi yang telah ditetapkan di awal.

Ubah Menjadi Motor Listrik

Saat ini Honda belum menjual sepeda motor listrik, tapi beberapa perusahaan dan bengkel  bersedia untuk melakukan modifikasi sepeda motor bermesin konvensional menjadi bertenaga listrik. Hal ini memang masih sangat jarang dilakukan, karena modifikasi semacam ini terbilang cukup mahal.

Meski demikian ubahan yang dilakukan tentu akan banyak menguntungkan. Pasalnya pemilik kendaraan tidak perlu lagi melakukan pengisian bahan bakar, cukup mengecas baterai saja untuk mendapatkan perfoma kendaraan yang maksimal.

Honda Vario

Untuk mengubah Honda Vario menjadi sebuah motor bertenaga listrik memang tidak mudah, karena ada banyak ubahan yang harus dilakukan. Pastikan Anda memilih bengkel yang benar-benar memiliki track record baik dalam mengembangkan sepeda motor listrik.

Melakukan modifikasi sepeda motor khususnya Honda Vario diperlukan kehati-hatian. Jangan sampai melakukan modifikasi, tapi justru menghilangkan fungsi utamanya.

Sekilas Tentang Spesifikasi Honda Vario

Honda Vario 150 hadir dengan desain yang sporty berkat penggunaan cover depan dan panel berdesain ramping. Fender depan juga kini memiliki lampu sein terpisah dengan lampu belakang, sehingga menjadikan terkesan lebih mewah.

Kesan mewah juga semakin kental berkat penggunaan lampu LED pada semua sistem pencahayaan serta pelapis alumunium pada cover muffler dan pilion step.

Ada dua mesin Honda Vario yang bisa dipilih oleh pelanggan. Pertama adalah mesih 125cc yang telah menggunakan teknologi eSP untuk memberikan perfoma maksimal tanpa meninggalkan efisiensi bahan bakar. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 10,9 hp dan torsi mencapai 10,8 Nm.

Sementara untuk mereka yang menginginkan sepeda motor yang lebih bertenaga, maka bisa memilih Honda Vario 150 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 12,9 hp dan torsi sebesar 13,4 Nm.

Menariknya, mesin ini diklaim sudah mendapatkan filter udara yang lebih besar dan beberapa ubahan lain yang membuatnya lebih bertenaga.

Mesin tersebut juga sudah dilengkapi dengan ACG Starter yang terintergrasi pada teknologi eSP. Dengan begitu, suara mesin saat awal dihidupkan menjadi jauh lebih halus ketimbang model sebelumnya.

Honda Vario

Beragam fitur juga sudah hadir di Honda Vario. Astra Honda Motor (AHM) menyematkan full digital panel meter dengan multi informasi.

Selain itu, Vario kini telah dilengkapi Smart Key System dan terintegrasi dengan Answer Back System serta Anti Theft Alarm.

Fitur keselamatan juga menjadi andalan dari Honda Vario. Salah satunya adalah standar otomatis (Side Stand Switch). Fitur ini berfungsi untuk memastikan mesin tidak menyala bila posisi standar samping masih dalam keadaan turun.

Selanjutnya adalah Brake Lock System yang mencegah motor loncat saat dinyalakan. Fitur ini juga bisa membuat motor tetap dalam keadaan diam saat pengendara berhenti di jalanan menanjak sehingga pengendara akan lebih percaya diri.

Honda Vario 150 memiliki empat pilihan warna yakni Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Red, Exclusive Matte Silver dan Exclusive White. Sementara untuk Honda Vario 125 cc ada Advance Black, Advance Red, Advance Matte Black, Advance Matte White dan Blue Special Edition. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar