Ini Alasan Toyota Tak Rakit Camry di Indonesia

Berita Otomotif

Ini Alasan Toyota Tak Rakit Camry di Indonesia

JAKARTA - Indonesia sudah sejak tahun 1998 memiliki medium sedan Toyota Camry. Namun meski sudah hampir 2 dekade eksis di Indonesia, Toyota masih mengimpor Camry dari Thailand. 

Sebenarnya, Toyota sejak tahun 1999-2004 memproduksi Toyota Camry di Karawang yang saat itu terhitung sebagai Camry generasi ke-4. Namun lepas dari 2002, Toyota malah memilih untuk mengimpor model tersebut dari Thailand.

Padahal, sejak 2004 Toyota Camry merupakan market leader di kelas medium sedan dan hingga 2014 sudah terjual hingga 27 ribu unit dengan market share sekitar 55 persen di kelasnya.

Tahun lalu saja ketika pasar medium sedan berada di angka 2.800 unit, Toyota Camry mampu mengambil 1.600 unit di antaranya dan menjadi medium sedan terlaris di Indonesia.

Toyota Camry juga berhasil mendapat kepercayaan pemerintah Indonesia dengan menjadikannya sebagai mobil dinas resmi para menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu 2004-2009. 

"Camry sangat penting bagi Thailand, sementara di Indonesia penjualan sedan tidak terlalu tinggi. Target kami 2.000 unit (per tahun)," kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Fukui.

"Di Indonesia penjualan terbesarnya adalah MPV sehingga yang diproduksi adalah Avanza dan Innova," lugasnya lagi. [Syu/idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual