Terkuak, Ini Alasan Hyundai Staria Tidak Ada Pilihan Mesin Bensin

Berita Otomotif

Terkuak, Ini Alasan Hyundai Staria Tidak Ada Pilihan Mesin Bensin

BANDUNG – Kehadiran Hyundai Staria dengan mesin diesel memberikan pilihan baru bagi masyarakat yang membutuhkan MPV Premium sebagai tunggangannya.

Namun, absennya pilihan mesin bensin dan hanya mengandalkan mesin diesel menjadi sebuah pertanyaan sendiri. Pasalnya, pasar kendaraan bermesin diesel di Indonesia khususnya untuk segmen mobil penumpang tidak sebesar mesin bensin.

Meski demikian, Hyundai menegaskan bahwa keputusan tersebut sudah melalui beragam pertimbangan matang.

“Secara global memang ada dua pilihan mesin yakni 2.200cc turbodiesel yang tersedia di Indonesia, dan mesin 3.500cc V6. Hyundai pun sudah melakukan riset mendalam terhadap pasar di Indonesia dan hasilnya menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia lebih memilih untuk menggunakan mesin diesel,” ungkap Bonar Pakpahan, Product Expert PT Hyundai Motor Indonesia (HMID).

Hyundai Staria

Tak hanya itu, Ia juga mengungkan bahwa, ada aturan dari pemerintah yang bisa merugikan pelanggan. Aturan tersebut terkait tarif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang lebih tinggi untuk kendaraan dengan mesin berkapasitas besar.

“Ada peraturan pemerintah, yaitu PPnBM yang membagi antara mesin berkapasitas 3.000cc ke bawah dan 3.000cc ke atas. Kalau mesin 3.000cc ke atas maka pajaknya akan sangat besar, sehingga harganya juga akan sangat tinggi. Kalau kami masukkan Hyundai Staria bermesin bensin maka tentu harganya akan lebih tinggi bila dibandingkan dengan yang sekarang ditawarkan,” ungkapnya.

Hyundai Staria

Sementara itu Makmur, COO HMID menambahkan bahwa, mesin diesel memiliki beberapa keunggulan yang tidak bisa ditawarkan oleh mesin bensin. Salah satunya adalah tenaga yang bisa dihasilkan.

“Mobil besar pasti membutuhkan tenaga yang besar juga. Nah, mesin diesel bila dibandingkan dengan mesin bensin maka tenaga yang dikeluarkan akan lebih besar diesel. Ini juga salah satu alasan kami memilih mesin diesel untuk Hyundai Staria di Indonesia,” tambah makmur.

Hyundai Staria pertama kali diluncurkan pada 20 Agustus 2021 lalu. Mobil ini menggunakan mesin diesel R2.2 VGT dan transmisi otomatis 8-percepatan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 174 hp pada 3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm pada 1.500-2.500 rpm. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar