Ini Akibatnya Bila Mesin Diesel tak Mendapat BBM Berkualitas

Panduan Pembeli

Ini Akibatnya Bila Mesin Diesel tak Mendapat BBM Berkualitas

JAKARTA – Perkembangan teknologi saat ini membuat mesin diesel tidak lagi seberisik dahulu. Hal ini dikarenakan mesin diesel saat ini sudah menggunakan teknologi common-rail.

Dengan teknologi ini maka penyemprotan bahan bakar diatur oleh Engine Control Unit (ECU) sehingga penyemprotan bahan bakar lebih sempurna dan dengan tepat dapat memenuhi kebutuhan mesin. Tujuan penggunaan teknologi ini untuk menyempurnakan sistem pembakaran sehingga gas buang yang dikeluarkan dari knalpot lebih bersih dan lebih ramah lingkungan.

Namun teknologi ini menuntut bahan bakar yang pastinya lebih berkualitas dibanding dengan solar biasa. Bahan bakar yang disarankan untuk digunakan yaitu bahan bakar khusus diesel dengan angka cetane 48, 51, atau 53.

Pada mesin diesel common-rail, penggunaan solar dengan angka cetane yang kurang sesuai dapat berdampak negatif. Di antaranya knalpot menghasilkan asap tebal, getaran mesin lebih kuat namun tarikannya lebih lambat. Jika menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai secara terus menerus dan dalam jangka waktu panjang akan dapat menyumbat saringan bahan bakar dan mengakibatkan mesin mogok.

Bila gejala tersebut telah terjadi, maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel resmi. Bengkel akan membersihkan injektor agar pengabutan kembali sempurna. Dinding-dinding ruang bakar juga dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran sehinggga ruang bakar kembali bersih untuk menunjang pembakaran yang lebih sempurna.

Perawatan berkala yang diperlukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan asap tebal pada knalpot dilakukan dengan mengganti saringan bahan bakar dan membersihkan filter udara secara rutin.

Semakin Diminati
Teknologi diesel sendiri saat ini semakin diminati oleh para produsen mobil dunia. Beberapa waktu lalu, Mercedes-Benz bahkan telah melakukan investasi besar-besaran untuk mengembangkan mesin diesel.

Sementara itu di Indonesia, mobil bermesin diesel sudah mulai banyak yang mencarinya. Mesin diesel belakangan ini selalu dilengkapi dengan teknologi turbo guna menjadikan mobil tetap bisa lari kencang meski konsumsi bahan bakarnya lebih irit.  [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support