Ini 4 Pos Penyekatan Paling yang Paling Ketat

Berita Otomotif

Ini 4 Pos Penyekatan Paling yang Paling Ketat

JAKARTA – Meski semua melakukan tugasnya secara maksimal, ada setidaknya 4 pos penyekatan yang terbilang paling ketat dan harus diwaspadai pemudik.

Keempat pos penyekatan tersebut dibentuk Polda Metro Jaya dalam mengantisipaai arus balik mudik Lebaran 2021. Pos-pos tersebut dibentuk di jalan arteri maupun jalan tol yang dapat dilewati pengendara dari arah Jawa Barat maupun Merak.

Tak tanggung-tanggung, Pos penyekatan tersebut dijaga oleh aparat gabungan gabungan TNI – Polri. Keempat pos tersebut berada di  jalan tol Jakarta – Cikampek KM 34,  jalan tol Cikupa arah Merak, Jati Uwung, Tangerang, Banten dan Keduwaringin, Bekasi, Jawa Barat.

“Ada 4 titik yang paling krusial. Yang pertama di tol ada 2 titik. Dari arah Jawa Barat dari Cikampek ke Jakarta itu sudah disediakan pos pemeriksaan di KM 34. Kemudian yang arah dari Tangerang sana, dari Merak itu kita siapkan di tol Cikupa. Di arteri di Jati Uwung untuk kendaraan sepeda motor. Kalau dari Jawa Barat itu di arah Kedungwaringin. Itu empat titik yang krusial” tegas Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus, Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Ini 4 Pos Penyekatan Paling yang Paling Ketat

Ada pun pos penyekatan tersebut bertujuan untuk memeriksa kelengkapan surat bebas Covid – 19 yang diwajibkan bagi warga yang terlanjur mudik Idul Fitri 1442 H. Tanpa kelengkapan surat tersebut maka akan kendaraan akan diputar balik.

“Kita sudah sampaikan dan sosialisasikan bahwa semua masyarakat Jakarta yang terlanjur mudik wajib membawa surat bebas covid – 19. Wajib itu mereka masuk ke Jakarta wajib membawa itu bebas covid – 19 negatif,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa pihak Kepolisian menambah jumlah memperpanjang sanksi putar balik kendaraan pemudik hingga 24 Mei 2021. Padahal sebelumnya sanksi tersebut rencananya akan berakhir hari ini, 17 Mei 2021.

Berakhirnya Operasi Ketupat 2021 tersebut pun seharusnya dibarengi dengan penghentian sanksi putar balik kendaraan. Namun ternyata kegiatan penyekatan masih akan terus dilakukan dengan nama berbeda. Demikian pula 381 posko penyekatan mudik Lebaran juga tetap berlaku.

“Operasi Ketupat selesai 17 Mei 2021 dan dilanjutkan dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) hingga tanggal 24 Mei 2021,” ungkap Kombes Rudy Antariksawan, Kepala Bagian Ops Korlantas Polri.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar