Ingat Ya, Harga LCGC Tak Turun Bulan Depan, PPnBM-nya Sudah 0 Persen

Berita Otomotif

Ingat Ya, Harga LCGC Tak Turun Bulan Depan, PPnBM-nya Sudah 0 Persen

JAKARTA – Harga mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) tak akan turun bulan depan, ketika aturan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen diterapkan. Soalnya, model – model di segmen itu memang sudah bebas PPnBM.

Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI – DSO) meminta masyarakat Indonesia yang mengincar model – model LCGC tidak menunda pembelian. Soalnya, harga model – model di segmen itu tidak akan terpengaruh ‘hadiah’ relaksasi pajak dari pemerintah untuk mobil – mobil baru berlaku mulai Maret 2021.

“Jadi, beli sekarang atau Maret sama saja. Sebaiknya mereka tidak usah menunda,” ucap dia dalam konferensi pers virtual bulanan Daihatsu pada Jumat (19/2/2021).

LCGC Seperti Daihatsu Sigra Tak Kena Relaksasi Pajak PPnBM Mobil Baru 2021
Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah memberikan insentif pajak bagi mobil baru selama sembilan bulan mulai Maret 2021 demi mendorong pasar otomotif di masa pandemi virus Corona (Covid-19). Ada pula kebijakan Down Payment (DP/Uang Muka) 0 persen pada Maret – Desember 2021.

Relaksasi pajak sendiri diberikan bertahap. Fase pertama adalah PPnBM 0 persen pada tiga bulan pertama.

Para konsumen, menurut pantauan Daihatsu, menunda pembelian mobil pada Februari ini. Merek mobil terpopuler kedua di Nusantara ini juga menyayangkan adanya informasi dan hitung-hitungan salah dari influencer dengan jumlah follower amat banyak yang mengatakan bahwa harga LCGC bakal turun karena mendapatkan relaksasi pajak.

LCGC Seperti Daihatsu Ayla Tak Kena Relaksasi Pajak PPnBM Mobil Baru 2021
“Dia menghitung LCGC (PPnBM-nya sekarang) 3 persen. Jadi ada relaksasi untuk 3 persen itu. Padahal saat ini LCGC dan kendaraan komersial ringan seperti pikap dan blind van itu sudah 0 persen (PPnBM-nya). Jadi ada beberapa informasi yang salah dan, aduh, dia banyak banget followernya dan disebar-sebarkan ke mereka. Itu salah hitungannya,” papar Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sebagai informasi, pemerintah juga hanya memberikan relaksasi PPnBM kepada mobil – mobil baru jenis sedan maupun 4x2 yang dirakit lokal dengan kapasitas 1.500 cc ke bawah. Komponen lokalnya juga mesti 70 persen atau lebih. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar