Syarat, Prosedur, dan Biaya Ganti Plat Motor 2022

Berita Otomotif

Syarat, Prosedur, dan Biaya Ganti Plat Motor 2022

Plat kendaraan bermotor perlu diganti setelah 5 tahun masa berlaku. Untuk itu, perlu diketahui biaya, syarat, dan cara untuk mengganti plat di tahun 2022.

Setiap pemilik kendaraan bermotor memiliki kewajiban untuk membayar pajak kendaraannya. Kewajiban pajak yang dimaksud juga termasuk memperbarui atau mengganti plat nomor kendaraan. Kewajiban mengganti plat nomor dilakukan setelah 5 tahun masa berlaku plat tersebut habis.

Mengganti plat nomor kendaraan ini sangat penting untuk dilakukan. Jika tidak, data terkait dengan nomor kendaraan akan dihapus pihak kepolisian, dan tentunya akan mengakibatkan masalah hukum di kemudian hari.

Plat nomor merupakan bagian penting untuk sebuah kendaraan, namun terkadang kita lupa akan itu. Masa berlaku yang cukup lama mungkin menjadi sebab atas sikap abai tersebut.

Maka dari itu, Mobil123.com akan memberikan informasi seputar mengganti plat motor di tahun 2022 sebagai pengingat untuk kita. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai biaya, syarat yang diperlukan, serta prosedur untuk mengganti plat nomor kendaraan bermotor.

Biaya Ganti Plat

Untuk mengganti plat nomor kendaraan bermotor dilakukan pada saat mengurus pembayaran pajak 5 tahunan, yang mana tentunya perlu disiapkan biayanya.

Bukan hanya pokok pajak kendaraan saja yang perlu dibayar, namun juga ada biaya-biaya lain seperti biaya penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) baru, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), dan lainya sesuai dengan prosedur.

Biaya yang dimaksud diatur di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pada Peraturan Pemerintah tersebut disebutkan nominal biaya untuk membayar penerbitan TNKB adalah Rp60 ribu per pasang untuk kendaraan roda 2 atau 3, dan Rp100 ribu per pasang untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Berikut informasi lebih rinci mengenai biaya pergantian plat nomor kendaraan pada saat pembayaran pajak kendaraan 5 tahunan untuk masing-masing jenis kendaraan:

Jenis Biaya

Jenis Kendaraan

Roda 2 atau 3

Roda 4 atau lebih

Penerbitan STNK
(baru/ganti)

Rp100 ribu

Rp200 ribu

Penerbitan TNKB / plat nomor kendaraan

Rp60 ribu

Rp100 ribu

SWDKLLJ

Rp35 ribu

Rp143 ribu

Penerbitan BPKB
(baru/ganti)

Rp225 ribu

Rp375 ribu

 

Selain itu, ada juga biaya cek fisik berkisar Rp10 ribu – Rp20 Ribu untuk kendaraan motor, dan Rp50 ribu untuk kendaraan mobil.

Syarat Pajak 5 Tahunan

Setelah membicarakan biaya, saatnya untuk mengetahui persyaratan yang harus dibawa untuk mengganti plat nomor kendaraan.

Persyaratan yang perlu dibawa untuk mengganti plat dan membayar pajak tahunan cukup mudah, di antaranya:

  • STNK asli dan fotokopi
  • KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Berkas cek fisik (didapatkan di kantor Samsat)

Disarankan untuk fotokopi masing-masing berkas sebanyak dua rangkap atau lebih sebagai pegangan untuk jaga-jaga.

Apabila pemilik kendaraan tidak bisa meluangkan waktu karena memiliki kesibukan atau urusan lain, proses ini dapat diurus dengan diwakilkan oleh orang lain dengan syarat tambahan Surat Kuasa dari pemilik kendaraan kepada orang yang dimaksud.

Tetap saja, ada baiknya penggantian plat kendaraan dilakukan oleh pemilik kendaraan itu sendiri.

Prosedur Bayar Pajak 5 Tahunan Kendaraan

Tadi sudah diketahui berapa biaya dan apa saja berkas persyaratan yang diperlukan untuk mengganti plat nomor kendaraan. Sekarang perlu diketahui juga alur proses yang akan dijalani.

1. Pendaftaran

Pemohon datang ke kantor Samsat sesuai dengan domisili pada STNK/BPKB kendaraan. Setelah itu, Pemohon datang ke loket bagian pengecekan fisik kendaraan.

Di loket ini, petugas akan meminta dokumen persyaratan sepertu STNK dan BPKB. Setelah dokumen diserahkan, Pemohon akan diberikan nomor antrian dan menunggu nomor antriannya dipanggil. Saat nomor antrian dipanggil, Pemohon masuk pada tahapan selanjutnya.

2. Cek Fisik Kendaraan

Setelah nomor antrian dipanggil, pemohon membawa kendaraanya ke area pengecekan fisik. Perlu dipastikan sebelumnya bahwa kendaraan dalam keadaan lengkap, seperti memiliki komponen spion, knalpot, dan lain-lain.

Di area pengecekan fisik, petugas biasanya akan meminta bantuan untuk mengecek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. Namun setelah itu petugas akan menggesek nomor mesin dan nomor rangka tersebut menggunakan kertas gesek.

Pada umumnya, lama proses penggesekan ini adalah 10 sampai 30 menit saja, tergantung jumlah antrian.

3. Legalisir dan Mengisi Formulir

Setelah pengecekan seluruh bagian mesin dan rangka kendaraan, pemohon akan diberikan hasil cek fisik kendaraan. Setelah itu, pemohon perlu melakukan legalisir berkas dan mengisi formulir sebagai syarat untuk mengganti plat nomor kendaraan.

Pemohon menyerahkan hasil cek fisik ini bersamaan dengan dokumen legalisir lain. Setelah itu, petugas akan meminta pemohon untuk mengisi formulir penggantian plat motor. Formulir tersebut diisi dengan semua data yang sesuai dengan data kendaraan dan pemiliknya.

Perlu dipastikan bahwa seluruh data sudah benar sebelum formulir dikembalikan kepada petugas. Pengecekan data ini dilakukan untuk meminimalisir adanya ketidakcocokan data saat proses verifikasi.

4. Pembayaran

Setelah melakukan penyerahan formulir, pemohon melakukan pembayaran biaya untuk mengganti plat nomor kendaraan. Pada tahap ini perlu disiapkan semua dokumen persyaratan serta sejumlah uang untuk membayar.

Setelah semua dokumen persyaratan dibawa ke loket pembayaran, pemohon akan diberikan nomor antrian baru.

Biasanya, petugas akan memanggil nama yang ada di STNK, bukan nomor antrian. Oleh karena itu, disarankan untuk berada di lokasi dekat dengan petugas agar nama Anda terdengar dengan jelas saat dipanggil.

Setelah nama dipanggil, pemohon melakukan pembayaran sesua dengan jumlah yang tertera pada lembar pajak. Pada tahap pembayaran, pemohon akan diberikan dua dokumen yang merupakan bukti pembayaran. Biasanya, bukti pembayaran ini berwarna putih dan biru.

Lembar warna putih digunakan untuk mengambil plat baru, sedangkan lembar warna biru digunakan untuk mengambil STNK baru. Nantinya STNK ini akan memiliki masa berlaku selama 5 tahun ke depan.

5. Pengambilan STNK dan Plat

Tahap terakhir dari proses penggantian plat motor adalah melakukan pengambilan STNK dan plat nomor kendaraan baru yang sudah jadi

Sebelum memasangnya di kendaraan, perlu dipastikan nomor dan tanggal berlaku yang tertera di lembar STNK sesuai dengan yang ada di plat nomor.

Jika plat nomor kendaraan baru sudah sesuai dengan yang ada pada STNK, maka proses penggantian plat nomor sudah selesai sepenuhnya.

Tips Tambahan Penggantian Plat Kendaraan di Samsat

Bagi sebagian orang mungkin belum pernah melakukan penggantian plat nomor kendaraan, atau bahkan lupa. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar proses penggantian plat nomor menjadi lancar.

  • Jangan menunggu STNK mati

Perpanjangan STNK 5 tahunan merupakan hal yang wajib. Jika tidak dilakukan, aka nada hukuman berupa denda maksimal Rp500.000 atau penjara maksimal 2 bulan. Jadi, memang lebih baik untuk mengingat tanggal masa berlaku STNK habis, dan melakukan perpanjangan menjelang masa berlaku habis.

  • Datang lebih pagi

Proses penggantian plat nomor kendaraan dilakukan di kantor Samsat daerah sesuai dengan domisili kendaraan. Di kantor Samsat tersebut juga dilakukan beberapa pelayanan seperti kehilangan STNK, mutasi kendaraan, dan lain-lain. Sehingga, banyak orang yang akan datang ke Samsat untuk kepentingan masing-masing. Maka dari itu, disarankan untuk tiba di kantor Samsat lebih pagi agar kepentingan Anda dapat diurus secara segera dan cepat.

Disarankan juga untuk berpakaian rapi, seperti memakai kemeja/baju berkerah, celana panjang, dan sepatu. Dengan begitu, penampilan Anda akan lebih enak untuk diterima petugas Samsat.

  • Siapkan uang tunai

Pada proses pembayaran, biasanya disediakan metode pembayaran menggunakan transfer, namun metode ini masih memiliki potensi terjadinya masalah. Maka dari itu, ada baiknya untuk membawa uang tunai sesuai dengan rincian biaya di atas. (abp/dms)

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar